Dinas Pendidikan Barito Timur Gelar Pelatihan Revitalisasi Sastra Lisan Tumet Leut

31/03/2022 08:40

TAMIANG LAYANG, JURNALISBICARA.COM – Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Pelatihan Revitalisasi Sastra Lisan Tumet Leut bagi pelajar  SLTP dan SLTA, Selasa, 29 Maret 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Barito Timur, Sabai, menjelaskan bahwa Tumet Leut merupakan budaya bernyanyi atau bertutur dengan menggunakan Bahasa Pangunraun atau Sastra Kuno Dayak Maayan.

“Biasanya dinyanyikan dalam acara adat Natas Banyang saat pemenuhan hukum adat pernikahan masyarakat Dayak Maanyan. Seni ini tidak hanya menyajikan keindahan nada tetapi juga menyajikan keindahan bertutur yang sangat menjunjung tinggi nilai sopan santun,” jelas Sabai usai membuka kegiatan tersebut.

Pelatihan tersebut untuk menarik minat dan kepedulian penutur muda terhadap sastra lisan serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perlindungan bahasa dan sastra daerah.

“Pelatihan ini juga untuk menjaga kelestarian sastra lisan milik masyarakat di daerah Kalimantan Tengah agar tidak punah serta meregenerasi dan membina penutur muda dalam menjaga sastra lisan Tumet Leut agar berkelanjutan,” imbuhnya.

Dia berharap ke depan dapat diadakan Festival Tumet Leut bagi pelajar SLTP dan SLTA se-Barito Timur dalam rangka pelestarian dan pendokumentasian sastra lisan Tumet Leut.

“Festival juga dapat meningkatkan kreativitas, apresiasi, dan rasa bangga masyarakat pada sastra lisan,” tutup Sabai. (Tri/Jubir).**

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x