Disbudpora dan IPSI Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Atlet Pencak Silat untuk POPWILDA Jabar 2024

POPWILDA
Seleksi Atlet Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (POPWILDA) I Jawa Barat.

JURNALIS BICARA – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sukabumi menggelar Seleksi Atlet Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (POPWILDA) dalam rangka mencari atlet potensial yang layak petas di tingkat 1 Jawa Barat di GOR Gelanggang Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan seleksi ini berlangsung selama 3 hari, yakni mulai dari tanggal 7 hingga 9 Maret 2024.

Menurut pernyataan dari Harga, yang mewakili panitia seleksi, kegiatan ini merupakan bagian dari proses seleksi atlet untuk Popwil daerah se-Kabupaten Sukabumi guna mencari atlet potensial. Hasil dari seleksi ini akan dikirimkan ke tingkat Jawa Barat wilayah tingkat 1, dengan tuan rumah kota Depok.

“Yang mana nanti hasil dari seleksi ini akan kita dikirimkan tingkat Jawa Barat wilayah tingkat 1, yang mana tuan rumahnya kota Depok, ada 7 Kota Kabupaten, yang akan berlaga di POPWILDA yaitu, Kota Sukabumi, Kab .Sukabumi, Kab. Bogor, Kota Bogor, Kab.Cianjur, Depok dan Kab. Bandung Barat”, ungkap Harga pada Jum’at ((8/3/2024).

Baca juga: Disbudpora Kabupaten Sukabumi Kembali Gelar Seleksi Atlet untuk Popwilda I Jabar di Depok

Selain itu, disampaikan bahwa terdapat 4 wilayah Popwilda se-Jawa Barat, yaitu wilayah 1 tuan rumahnya Kota Depok, Wilayah 2, Kuningan, Wilayah ketiga, Purwakarta dan wilayah ke 4 tuan rumahnya Kota Bandung.

Pada tahun sebelumnya, Kabupaten Sukabumi berhasil meraih prestasi yang membanggakan di ajang Popda dengan memperoleh satu emas, satu perak, dan dua perunggu dari total 5 emas yang diraih. Hal ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2018 Kabupaten Sukabumi tidak mendapatkan medali.

“Alhamdulillah tahun kemarin kita di ajang POPDA mendapat satu Emas, satu perak, Dua Perunggu,dari 5 emas yang diperoleh oleh Kabupaten Sukabumi tahun kemarin.Padahal tahun 2018 di ajang POPDA kabupaten Sukabumi tidak mendapatkan medali”, imbuhnya.

Baca Juga :  4 Cabang Olahraga Dipertandingkan di Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 di Kabupaten Sukabumi

Peserta seleksi Popwilda ini terdiri dari sekitar 450 orang dari tingkat SMP (Mts), SMA (MA, SMK), dan juga Sekolah Paket. Seleksi ini terbagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap fisik, tahap teknik, dan tahap sparing.*** (ADV)