Disbudpora Kabupaten Sukabumi Turut Dukung Terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA)

Kabupaten Layak Anak

JURNALIS BICARA – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi turut menjadi salah satu prangkat daerah yang mendukung Terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA),

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Yanti Irianti, setelah menghadiri rapat koordinasi (rakor) Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat kabupaten Sukabumi Tahun 2024 di Pangrango Resort, Kabupaten Sukabumi, Selasa (26/3/2024).

Rakor ini dibuka oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ade Suryaman, Forkopimda, kepala perangkat daerah, serta stakeholder terkait lainnya.

Yanti menjelaskan bahwa pada tahun 2023, Kabupaten Sukabumi mencapai kategori Nindya dalam pencapaian Kabupaten Layak Anak. Disbudpora Kabupaten Sukabumi sendiri masuk dalam Klaster IV, yaitu Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya.

“Dalam hal kegiatan budaya, kami melaksanakannya melalui wadah Pusat Kreativitas Anak (PKA) yang berbasis sanggar/lingkung seni/paguron,” ungkap Yanti.

Baca juga: Disbudpora Kabupaten Sukabumi Selidiki Penemuan Diduga Batu Dakon di Aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Bupati menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk percepatan dalam pemberdayaan anak, mengingat pentingnya peran anak dalam pembangunan. Dia menekankan bahwa anak harus menjadi perhatian semua pihak, baik dalam hal kesehatan, pendidikan, fasilitas, maupun lingkungan.

“Kesehatan, pendidikan, fasilitas, hingga lingkungan sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Apalagi, dalam membentuk SDM anak yang luar biasa. Di sini, kita semua punya peran dalam hal itu,” ujarnya.

Dari sisi pembangunan SDM anak, Bupati menekankan pentingnya karakter anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Dia mengatakan bahwa Kabupaten Layak Anak tidak hanya tentang pemenuhan fasilitas anak, tetapi juga harus mengedukasi agar anak-anak memiliki karakter yang luar biasa.

“Kabupaten Layak Anak bukanlah sekadar pemenuhan fasilitas anak, namun harus juga mengedukasi agar anak berkarakter. Ini tugas kita semua,” kata bupati.

Baca Juga :  Sekda Kabupaten Sukabumi Buka Sosialisasi JKK JKM Bagi Pegawai Disbudpora dan Atlet, Kadisbudpora: Ini Sangat Bermanfaat

Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, H. Eki Radiana Rizki, menambahkan bahwa rakor ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen semua pihak dalam mewujudkan pembangunan yang peduli terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak, demi terwujudnya Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Sukabumi.

“Melalui rapat ini, kami berharap komitmen semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Sukabumi semakin meningkat,” tambahnya.*** (ADV)