Upaya Peningkatan Finansial Melalui Program Ketahanan Pangan Desa Kutamanah

19/09/2022 14:07

KAB.PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama, Pentingnya menguatkan ketahanan pangan selain karena merupakan pondasi bagi pembangunan sektor-sektor lainnya juga karena adanya ancaman krisis pangan dunia sebagai akibat dari fenomena perubahan iklim dan tren populasi penduduk dunia yang meningkat.

Upaya pemerintah untuk penguatan ketahanan pangan telah dilakukan dalam berbagai kebijakan, Salah satunya melalui Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN TA 2022 disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen).

Salah satu contohnya dilakukan oleh Pemerintah Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta yang memanfaatkan program ketahanan pangan sebagai modal usaha guna menghidupkan kembali perekonomian di Desa.

“Kebijakan ini perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi Desa dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan Desa, lahan masyarakat, lahan yang telah mendapatkan ijin perhutanan sosial,” Ujar Asep Samsudin kepada awak media.

Lanjutnya, “Penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan dilakukan melalui pendekatan dan sosialisasi kepada warga, serta berharap program ini dapat memberdayakan masyarakat khususnya masyarakat Desa Kutamanah serta memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri,” ucap Asep.

Tambahnya “Untuk Desa Kutamanah sendiri kita melakukan pembangunan jalan untuk akses pertanian dengan panjang 180 meter lebar 1 meter tujuannya agar mempermudah masyarakat membawa hasil panen, serta membeli bibit ikan patin,” bebernya.

“Kalau untuk hewani, seperti pembelian kambing khususnya, nanti akan di alokasikan pada tahap tiga, sesuai apa yang telah di arahkan ,” tambah Asep Samsudin.

Semua yang telah di jalankan terkait program ketahanan pangan oleh pemdes Kutamanah telah melalui mekanisme yang semestinya, dan dapat dijadikan contoh bagi masyarakatnya agar dapat membuahkan potensi peningkatan finansial masyarakat secara berkesinambungan.

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x