Pemdes.Bontorappo Membangun Generasi Muda Dengan Berliterasi

07/05/2022 13:16

KAB.JENEPONTO, jurnalisbicara.com – Ketua DPC Gerindra Kab.Jeneponto, Andi Baso Sugiarto,S.Sos, membuka acara musyarawarah pembentukan Literasi di Desa Bontorappo, Jum’at (6/05/2022) bertempat di Aula Kantor Desa Bontorappo, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Bontorappo, Baharuddin Mange, Ketua BPD, Muh Yusuf S.Pd beserta anggotanya, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Sambas DG Ta’le, Para Kepala Dusun,  Pendamping Desa Tingkat Kecamatan, Murni, para Kaur serta Pemuda dan Pemudi Desa Bontorappo.

Ketua DPC Gerindra, Kab.Jeneponto, Andi Baso Kr Tompo mengatakan, pihaknya merasa terpanggil untuk membentuk Forum Literasi di Desa Bintorappo.

“Saya merasa terpanggil dan melihat untuk menuangkan pikiran dengan pengalaman yang didapat sebagai anggota DPRD Kab.Jeneponto, selama dua periode, mulai tahun 2003/2013,” ucapnya.

Menurutnya, persoalan dihadapi masyarakat sampai sekarang adalah persoalan yang luar biasa, Forum Literasi ini, lanjutnya, sebagai wadah bagi masyarakat untuk menganalisa dan memberikan masukan kepada pemerintah desa untuk kemajuan desanya.

“Paling utama adalah akhlak, dan bergaul yang positif dan dengan banyak membaca, akan menambah wawasan masyarakat, terutama para pemuda dan pemudi sebagai penerus estafet kepemimpinan,” katanya.

Sementara Kepala Desa Bontorappo, Baharudin Mange berharap, melalui Forum Literasi ini akan banyak masukan dari masyarakat untuk kemajuan desa.

“Seperti diucapkan Presiden pertama Indonesia, Ir.Soekarno,  Berikan aku 10 Pemuda, Maka aku akan gemparkan dunia, untuk itu, saya mengharapkan dengan kehadiran forum ini, masyarakat akan memberikan fikiran dan masukan yang kreatif untuk kemajuan desa Bontorappo yang sama-sama kita cintai ini,” ujarnya.

Dia mengaku siap melakukan apapun demi untuk kemajuan Desa Bontorappo, “Tidak usah ragu – ragu untuk kepentingan bersama, terutama generasi muda, silahkan rencanakan kegiatan positif, saya pasti mendukung selama untuk kemajuan untuk desa Bontorappo ungkapnya,” tegasnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Bontorappo, Sambas Ta’le,S.Pd mengatakan, generasi muda harus mempersiapkan diri mulai sekarang, untuj meneruskan kepemimpinan dimasa yang akan datang, karena lemimpin yang baik itu adalah, pemimpin yang tidak muncul tiba-tiba tetapi muncul dengan proses yang panjang.

“Literasi itu adalah bagaiman mendapatkan imfornasi melalui membaca dan dengan membaca akan sangat besar manfaatnya untuk menambah wawasan,” katanya.

Disebutkan, minat membaca didaerahnya terbilang cukup rendah dibanding dengan kabupaten lain, terlebih di Pulau Jawa.

“Untuk mendapatkan ilmu bisa dengan membaca, baik membaca tulisan maupun membaca keadaan, itu adalah tambahan untuk mendapatkan ilmu melalui proses membaca,” ungkapnya. (Iskandar Lewa)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x