Di Masa Pandemi, Kecamatan Pasirwangi Dianugerahi Kecamatan Paling Inovatif

21/04/2022 19:04

GARUT, JURNALISBICARA.COMDi masa pandemi sebuah inovasi menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan oleh berbagai pihak termasuk oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), agar roda kepemerintahan bisa terus berjalan dan tidak terhambat walaupun sedang diterpa wabah Covid-19.

Beragam inovasi muncul dari para ASN yang ada di Kabupaten Garut, untuk tetap mempertahankan eksistensi dan posisi di masa pandemi, salah satunya dilakukan oleh Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat. Berkat beberapa inovasi yang dilakukannya bersama _stakeholder_ dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pasirwangi, menghasilkan sederet prestasi khususnya prestasi di tingkat kabupaten. Beberapa prestasi di antaranya seperti menjadi Juara 2 Lomba Kinerja Kecamatan dan meraih predikat sebagai Kecamatan Paling Inovatif Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022.

Salah satu inovasi yang diterapkan di kecamatan dengan motto ‘Pasirwangi Cemerlang’ ini adalah _Pasirwangi One Touch Service_, di mana inovasi yang diluncurkan tahun 2021 silam ini, menjadi salah satu program untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

BACA JUGA

Pemkab Garut Dukung Penuh Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2022

“Masyarakat pun merasakan manfaat adanya pasirwangi _one touch service_,” ujar Saepul ketika memberikan keterangan melalui pesan singkat Whatsapp, Kamis (21/4/2022).

Selain itu, ada beberapa inovasi lain yang diterapkan di kecamatan yang berpenduduk 71.538 jiwa ini, seperti metaplan digital, CCTV Penanggulangan Bencana, Sistem Aplikasi Monitoring Tatap Muka, Aplikas Monitoring Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Atas beberapa prestasi yang diraih ini, Camat Pasirwangi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang ikut terlibat dalam roda pemerintahaan di Kecamatan Pasirwangi.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya, semoga prestasi ini memberikan keberkahan, dan (semoga) dapat meningkatkan prestasi ini di masa yang akan datang.” tandasnya.

Kemanfaatan dari Aplikasi _One Touch Service_ itu dilontarkan salah seorang perangkat Desa Barusari, Fitri Kulsum, sebagai Kasi Pelayanan, di mana dengan adanya Aplikasi _One Touch Service_ ini, baik masyarakat maupun perangkat desa merasa terbantu, sehingga mempermudah pelayanan

“Alhamdulillah manfaatnya mempermudah untuk pelayanan yang biasanya secara manual, dengan adanya (aplikasi) _one touch_, masyarakat dan kami pun (perangkat desa) merasakan manfaatnya,” tuturnya.

Demikian pula, Pipin Saepudin, Kasi Pelayanan Desa Padaawas, mengaku, pihaknya merasa terbantu dengan adanya aplikasi untuk melayani masyarakat ini.

“(Saya) mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kecamatan yang telah memberikan pelayanan dengan mudah lewat aplikasi One Touch Service. Terima Kasih,” tandasnya.

Berikut beberapa penghargaan yang diraih Kecamatan Pasirwangi :
1. Juara 2 Lomba Kinerja Kecamatan
2. Juara Video Vaksinasi
3. Terbaik 1 Kasie Trantib
4. Terbaik 1 Kasubag Umum
5. Predikat sebagai Kecamatan Paling Inovatif Dalam Musrenbang Kabupaten Garut Tahun 2022
6. Juara 1 Kategori Kreatif PKK untuk Lomba B2SA Tingkat Kabupaten. (Ags).**

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x