Desa Ketapang 2, Gelar Bimtek Pengembangan Desa Inklusif dan Sistem Akuntanbilitas Sosial 2024 dari Kemendes

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA –  Desa Ketapang 2 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir , mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Desa Inklusif dan Sistem Akuntanbilitas Sosialisasi  Wilayah 1 Tahun 2024, yang dilaksanakan dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi,  bertempat di Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Selasa (11/6/2024).

Menurut  Person in Charge ( PIC)  Kementerian Desa PDTT,  Ahreza Fauziah  kedatangannya ke Desa Ketapang 2 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir  untuk melaksanakan Bimtek Pengembangan Desa Inklusif dan Sistem Akuntanbilitas Sosial wilayah 1 tahun 2024.

” Ia berharap dengan adanya Bimtek ini dapat menunjang kemajuan desa disisi Inklusifitasnya khususnya Wilayah Kabupaten Ogan Ilir,” jelasnya.

Dikatakan Ahfa kegiatan ini terlaksana dari Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan  dalam rangka terciptanya desa yang bersih dan Akuntanbilitas Sosial di Kabupaten Ogan Ilir.

“Kegiatan ini dilaksanakan didesa selama dua hari, Selasa dan Rabu, 11-12  Juni 2024, secara teknis akan diberikan materi pelatihan oleh narasumber,” kata dia.

Sementara Kepala Desa Ketapang 2 Nora Trianawati mengaku bersyukur di Desanya diadakan Bimtek  Pengembangan  Desa Inklusif dan Sistem Akuntanbilitas Sosial, ” karena di Kabupaten Ogan Ilir hanya ada empat desa yang jadi Lokus pelatihan Desa Inklusif,  kami sangat bangga karena termasuk Desa itu,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nora Trianawati juga menyampaikan harapannya agar pemerintah pusat, melalui pemerintah daerah, dapat memberikan dukungan lebih besar untuk Desa  Ketapang 2

“Semoga ke depannya pemerintah pusat lewat pemerintah daerah bisa memberikan dukungan lebih untuk Desa Ketapang2 sehingga menjadi desa yang lebih berkembang lagi,” kata dia.

Bimtek ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan yang diperlukan bagi para pemangku kepentingan di desa-desa untuk mengembangkan sistem akuntabilitas sosial yang efektif dan inklusif, serta memperkuat pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan.

Baca Juga :  BLT DD 2021 Hingga 8 Bulan Belum Cair , Warga Menduga Untuk Modal Pilkades

“Selain Peserta Bimtek, Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Ogan Ilir,  Pendamping Desa  dan Pendamping lokal Desa,” kata dia.