Cilame,Desa Wisata di Kabupaten Bandung

20/10/2022 16:03

Jurnalisbicara.com – Episode kali ini saya berkunjung ke salah satu desa wisata yang berada di Kabupaten Bandung,Jawa Barat,yaitu Desa Cilame.

Desa Cilame berada di ujung selatan wilayah Kecamatan Kutawaringin yang berbatasan di sebelah utara dengan Desa Buninagara,sebelah timur berbatasan dengan sungai Ciwidey,sebelah selatan dengan Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu,dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Karyamukti Kabupaten Bandung Barat.

Desa Cilame berada pada ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Topografi desa Cilame berupa lembah dan perbukitan.

Kepala Desa Cilame,Alo Sobirin,melalui Sekretaris Desa Acu Sumarna,menjelaskan bahwa Desa Cilame berdiri tahun 1938 dengan awal mula pusat pemerintahannya di Kampung Sodong.

Salah satu visi Pemerintah Desa Cilame di bawah kepemimpinan Kepala Desa Alo Sobirin,yang sudah menjabat selama tiga periode (2006 s/d 2013/,2013 s/d 2019/,2019 s/d 2027),yakni ingin menjadikan Cilame sebagai salah satu kawasan Desa Wisata di Kabupaten Bandung. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan Acu, bahwa Desa Cilame memiliki pesona keindahan alam yang cukup indah dengan keberadaan lembah dan perbukitan. Juga ada beberapa spot menarik untuk dikunjugi seperti, Bumi Perkemahan Andes,Cadas Gantung yang sangat cocok untuk kegiatan panjat tebing,Batu Pangukusan,dan Arena Pertunjukkan Seni Ketangkasan Adu Domba.

Jarak Desa Cilame dari ibukota kabupaten sekitar 5 km. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat,dengan kondisi jalan yang cukup bagus.

Ada dua jalur untuk bisa memasuki Desa Cilame, yakni melalui jalur Sungapan arah Cikoneng dan jalur Cibeureum arah Sodong. Jika ingin berkunjung ke Desa Cilame, kendaraan dipastikan kondisinya harus benar-benar prima. Karena medan jalan yang akan ditempuh berupa tanjakan-tanjakan yang cukup ekstrem.(lg/cln)*

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x