BNNK Ogan Ilir Bimtek Petugas AP Desa Bersinar

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – BNNK Ogan Ilir Menggelar Bimbingan Tekhnis kepada Agen Pemulihan (AP) tingkat Desa sebagai perpanjangan tangan dari tugas pokok dan fungsi dari BNN yaitu pemberantasan dan pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba, Selasa ( 30/5/2023.

Desa yang ditunjuk BNNK OI melalui persetujuan Bupati Ogan Ilir untuk melaksanakan program Bersih Narkoba (BERSINAR) adalah Desa Talang Balai lama Kecamatan Tanjung Raja dan Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Ketua BNNK OI, AKBP Irvan Arsanto melalui Sub. koordinator Rehabilitasi BNNK OI, Kurniasari M.Kes, menyampaikan diserap desa kita bentuk lima orang menjadi Agen Pemulihan yang akan menjadi perpanjangan tupoksi kita selaku BNNK OI.

” AP Desa ini sebelumnya di Bimtek oleh BNN pusat melalui virtual di kantor BNNK OI selama lima hari, dan hari ini BNNK OI memberikan Bintek juga selama 3 hari untuk lima orang petugas AP di dua desa tersebut,” Ujar Kurniasari.

Kita berharap, Lanjut Kurniasari, para AP tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan bimbingan dari BNNK OI dan setidaknya mereka mendapatkan target klien atau pasien di desanya sepuluh orang untuk diberikan sosialisasi tentang bahaya dari penggunaan Narkoba tersebut.

” Semua materi disampaikan oleh Nara sumber diantaranya Ahmad Syakirti, Septa, Dian dan Kurniasari yang memberikan materi kebijakan dan ruang lingkup dari Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM)” kata dia.

Tujuan pembelajaran ini, masih kata Kurniasari, agar para AP mampu menjelaskan Kebijakan, latar belakang tentang IBM.

” IBM itu sendiri adalah intervensi dibidang rehabilitasi terhadap penyalahgunaan yang dirancang dari masyarakat Untuk masyarakat oleh masyarakat sesuai dengan kearifan lokal,” Paparnya. Sembari mengatakan Intervensi adalah campur tangan pemerintah daerah.

Baca Juga :  dzikir dan Doa-doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap dengan Tulisan Latin, Bahasa Arab dan Artinya

Sementara, Sekdes Pulau Semambu, Nursyakhli Ali, selaku peserta Bimtek mengatakan, sangat berterimakasih telah ditunjuk desanya dalam program Bersinar karena setidaknya bisa mensosialisasikan kepada warga tentang bahaya dari Narkoba.

” Kami merasa bangga karena Desa kami termasuk program Desa Bersinar, bersih dari Narkoba ” kata dia. (Heri Kusnadi).