Lestarikan Negeri, Polri Gelar Aksi Penanaman Pohon Serentak

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M. Hum., M.Si. M.M. didampingi Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum. Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo, S.I.K. serta sejumlah unsur Forkopimda Kota Sukabumi lainnya, melakukan penanaman pohon di kawasan Setukpa Lemdiklat Polri. Penanaman pohon tersebut dilakukan secara simbolis di Area Lapangan Batalyon Pangrango Setukpa Lemdiklat Polri, pada Rabu (23/8/2023).

Sebanyak 4000 pohon ditanam secara Serentak di kawasan Setukpa Lemdiklat Polri yang dilakukan sejak 18 Agustus hingga Oktober 2023 mendatang. Hal tersebut menjadi salah satu upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan.

“Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-78, Polri bersama TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh Stakeholder lainnya, dari tanggal 23 sampai dengan nanti bulan Oktober 2023, kita melakukan penanaman pohon serentak. Penanaman pohon ini dilaksanakan di 34 provinsi, 500 lebih Polres, hampir 3000 lebih Polsek dan di beberapa wilayah juga kita melaksanakan penanaman pohon sebanyak 21 Juta lebih,” ujar Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi usai kegiatan.

“Ini merupakan komitmen bapak Kapolri bersama TNI, Pemerintah daerah, Stakeholder terkait lainnya dan seluruh komponen bangsa dalam rangka untuk menghijaukan, melestarikan seluruh wilayah Indonesia dan memperbaiki iklim yang ada di Indonesia,” sambungnya.

Dedi juga mengatakan, penananaman pohon yang dilakukan hingga bulan Oktober 2023 tersebut akan terus dilakukan.

“Kegiatan kali ini tidak hanya dilaksanakan hari ini saja melainkan terus dilaksankaan hingga bulan Oktober dan akan kita evaluasi apabila nanti bulan Oktober masuk musim hujan maka akan dilanjutkan terus dan gerakan penghijauan serta pelestarian lingkungan ini akan terus kita laksanakan bersama komponen masyarakat lainnya,” kata Dedi.

Baca Juga :  Karang Taruna Desa Margasari Hadirkan Pesepak Bola Legendaris, Dalam Perayaan HUT RI Ke-76 dan Berikan Santunan Untuk 60 Anak Yatim

“Ini merupakan salah satu yang bisa kita wujudkan untuk mengurangi dampak polusi, kerusakan lingkungan yaitu dengan melestarikan lingkungan ini dengan menanam pohon. Semakin banyak kita lakukan, insya Allah polusi akan bisa kita cegah.” pungkasnya.

Diketahui penanaman pohon yang diselengarakan di Setukpa Lemdiklat Polri merupakan rangkaian acara penanaman pohon serentak yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Pulau Rinca Nusa Tenggara Timur, yang dihadiri juga oleh beberapa delegasi polisi luar negeri.

Kegiatan penanaman pohon serentak ini mendapatkan anugerah rekor MURI dengan nominasi penanaman jumlah pohon terbanyak dan penanaman pohon dengan melibatkan delegasi polisi luar negeri terbanyak.(ald)