Disperindag ESDM Garut Bersama PT. Pertamina Gelar Sosialiasai MyPertamina Bagi ASN

12/07/2022 21:18

GARUT, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Kabupaten Garut menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi MyPertamina di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

Sosialisasi ini diinisiasi oleh Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Garut dan Pertamina, berlangsung di Aula Bank BJB Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (12/7/2022).

Kepala Disperindag dan ESDM Kabupaten Garut, Nia Gania Karyana mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka pengenalan sistem terkait program dari PT. Pertamina yaitu MyPertamina di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Garut.

“Kepada yang hadir di sini sepertinya siapa sih yang berhak memperoleh subsidi, karena seperti yang dikatakan oleh Menteri Keuangan, subsidi kini membengkak, Nah nanti mungkin pada saat akan diberlakukan MyPertamina mungkin bisa langsung di Pemerintah Kabupaten Garut yang diawali oleh ASN Kabupaten Garut,” ucapnya.

Dalam rangka persiapan penerapan MyPertamina di Kabupaten Garut, Nia Gania mengatakan pihaknya melakukan sosialiasasi kepada ASN di Lingkungan Pemkab Garut terlebih dahulu agar bisa memberikan gambaran kepada ASN terkait pengguaan fitur MyPertamina dalam pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kita mendorong agar sosialisasi terus dilakukan sehingga masyarakat khususnya Aparatur Sipil Kabupaten Garut dulu yang bisa paham, kemudian pelaku usaha yang memang bergerak di transfortasi,” ucapnya.

Ia memaparkan, ke depannya pihaknya akan melakukan launching bersama PT. Pertamina terkait penerapan MyPertamina di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut yang akan dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Seluruh dinas kita undang diawali dengan Aparatur Sipil Negara, Pertamina akan bergerak itu yang dilakukan, kaerna beberapa minggu ke depan MyPertamina akan efektif diberlakukan di Pertamina pendaftarannya,” lanjutnya.

Gania berharap, hadirnya sistem ini dapat berjalan dengan lancar, subsidi yang disalurkan tepat sasaran, keadaan BBM terdistribusikan dengan baik, dan semua masyarakat yang membutuhkan bahan bakar minyak bisa terpenuhi oleh Pertamina.

Sementara itu, Sales Brance Manager (SBM) Rayon V Bandung wilayah Garut PT. Pertamina, Risal Arsyad mengatakan, penerapan MyPertamina sementara ini hanya diberlakukan untuk kendaraan roda 4.

Senada dengan Kadisperindag dan ESDM Garut, ia menuturkan pihaknya akan mengadakan open booth pertama kali di Setda Garut, kemudian dilanjutkan dengan pengadaan booth di SPBU untuk pelayanan bagi masyarakat.

“Kemudian di SPBU juga seperti kota – kota lain di SPBU kita juga _open booth_ pelayanan masyarakat, agar masyarakat nanti kalau udah bisa daftar di _handphone_-nya bisa kita bantu daftar lewat laptop atau lewat handphonenya operator, jadi kita akan _open booth_ di sana,” ucap Risal.

Ia berharap, hadirnya MyPertamina ini bisa mengontrol distribusi subsidi BBM di lingkungan masyarakat.

“Harapannya nanti kedepannya seluruh masyarakat Garut dapat mengisi pendaftaran tersebut, karena selama ini kan masih belum tau siapa saja yang sudah menerima, siapa saja yang belum menerima, jadi dengan mengisi pendaftaran tersebut nantinya kita akan tau siapa saja yang berhak mendapatkan subsidi,” tandasnya.*

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x