HUT Satpam ke-42 tingkat Polres Sukabumi Kota Sinergitas Dalam Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

11/01/2023 14:32

KOTA SUKABUMI, jirnalisbicara.com – Puluhan personel gabungan Satpam (Satuan Pengamanan), Senkom (sentra komunikasi) Mitra Polri dan KBPP Polri mengikuti apel peringatan HUT Satpam ke-42 tingkat Polres Sukabumi Kota di halaman apel Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (11/1/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka syukuran HUT Satpam ke-42 tersebut dipimpin Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin dan dihadiri unsur BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan), Asosiasi Bidang Pengamanan dan Stakeholder terkait lainnya.

Dalam sambutannya, AKBP SY. Zainal menyampaikan peringatan HUT Satpam ke-42 dengan tema “Sinergitas Satpam dan Polri, Peduli untuk Sesama” dilaksanakan untuk mengetahui pergelaran potensi satuan pengamanan swakarsa di wilayah Polres Sukabumi Kota sebagai mitra keseharian dalam mengemban fungsi Kepolisian di lapangan.

Disebutkan, Satpam mempunyai peranan penting dalam menyelenggarakan kondusifitas kamtibmas terbatas di lingkungan kerja serta menjadi salah satu faktor pendukung utama terhadap dunia usaha yang ada di Indonesia.

“Anggota Satuan Pengamanan memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara kita,” ujar AKBP SY. Zainal Abidin.

Penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam, lanjunya, hendaknya mendapatkan atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri untuk membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas, sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, AKBP SY. Zainal Abidin mengungkapkan apresiasinya terhadap seluruh BUMD, Dinas Instansi terkait yang telah menerapkan standar tata kelola pengamanan swakarsa dengan baik.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada semua pimpinan BUMD, Instansi maupun perusahaan yang menerapkan standar tata kelola pengamanan swakarsa berdasarkan peraturan Kapolri nomor 4 tahun 2020,” ungkapnya.

Ia mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, Asosiasi Bidang Pengamanan serta seluruh Stakeholder atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menumbuh kembangkan bentuk pengamanan swakarsa menjadi satu standar sistem manajemen pengamanan di Indonesia yang diakui oleh masyarakat dunia.

Diketahui Lembaga Satuan Pengamanan dibentuk sejak 30 Desember 1980 yang merupakan bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu Polri dalam bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, terbatas pada lingkungan kerjanya.(ida)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x