Babinsa Ujung Tombak TNI AD, Kemampuannya Harus Terus Diasah

19/03/2021 06:16

DEMAK, JURNALISBICARA.COM – Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Babinsa), Kodim 0716/Demak menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2021.

Latihan diikuti seluruh Babinsa dari masing-masing Koramil jajaran Kodim 0716/Demak. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan karena masih pandemi Covid-19, Demak, Jawa Tengah, Kamis (18/3/2021).

Kapten Kav. N Pasaribu selaku pemberi materi menyampaikan, dengan dilaksanakannya Latnister ini diharapkan bisa lebih memantapkan dan meningkatkan kualitas Babinsa sehingga mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan saat dihadapkan pada tantangan tugas kedepan.

READ ALSO

Adapun materi yang diberikan meliputi lima kemampuan teritorial, yakni temu cepat dan lapor, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial.

“Selain lima kemampuan teritorial diberikan juga lima sikap teritorial. Nantinya prajurit harus bisa melakukan deteksi dini terhadap sesuatu yang akan timbul serta yang berpotensi mengganggu keamanan,” ungkap Kapten Pasaribu.

Sementara Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh M. Ufiz, S.I.P., M.I.Pol., berharap dengan kegiatan Latnister ini dapat meningkatkan kemampuan Babinsa dalam berperan aktif di desa binaan guna percepatan pembangunan dan pendampingan di wilayah.

Menurutnya, Babinsa adalah ujung tombak komando kewilayahan. Sehingga mereka tidak boleh tumpul, harus selalu diasah melalui latihan terprogram.

“Jika Babinsa di wilayah selalu eksis dan mampu memberikan energi positif membantu program pemerintah desa maka akan terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat desa binaan,” pungkasnya. (er/Jubir)***

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x