2 Minggu Pun Pantai Cibutun Sukabumi Tidak 100 Persen Bersih, Ujar Dandim 0622

Sukabumi, Jurnalisbicara.com – Pembersihan pantai Cibutun Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi terus berlanjut, pada progres hari ketiga, 7 alat berat dikerahkan.

Kegiatan yang dijadwalkan dari tanggal 4 sampai 7 Oktober 2023, berhasil mengumpulkan  sekitar 100 ton sampah selama tiga hari.

“Yang sudah terkumpul (sampah) di lokasi ini ada 100 ton” ucap Dandim 0622 Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, Jum’at, 6 Oktober 2023.

“Hari ini kita didukung dengan tambahan 1 unit backhoe dari masyarakat setempat. Jadi kita ada 6 alat berat, ditambah satu traktor, itu efektif sekali” Sambung Dandim.

Rencana pembersihan Pantai Cibutun selama empat hari, tidak akan bisa membersihkan volume sampah yang ada. Pada Pembersihan di hari ke tiga ini, baru bisa membersihkan sampah sekitar 30 sampai 40 persen saja.

Anjar mengungkapkan “kita berhitung dengan apa yang kita punya, sarana yang kita punya, dengan volume sampah yang kita hadapi. Terutama tantangan yang kita hadapi, berupa jarak TPA dan akses jalan yang terbatas sehingga butuh perencanaan”

Ia pun berpendapat bahwasannya pembersihan sampah yang ada di pesisir pantai loji ini membutuhkan waktu seminggu sampai dua minggu, dan itu pun tidak akan seratus persen

“Sekitar seminggu sampai dua minggu, itu pun belum seratus persen, mungkin masih ada sampah sampah kecil. Karena pagi ini saja, tanah yang kita injak ini, kemarin sore saya ke sini susah bersih, tetapi pagi ini sudah kembali kotor lagi. Nah ini yang menjadi tantangan bagi kami.

Pada hari pertama, sampah yang sudah terkumpul sekitar 45 ton dan sudah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cimenteng.

Pada hari kedua sampah yang berhasil terbuang hanya 15 ton saja, karena terkendala armada pengangkutan yang bisa dikerahkan hanya dua mobil, sedangkan jarak ke TPA membutuhkan waktu dua jam.

Baca Juga :  Kabupaten Sukabumi Kembali Raih Penghargaan WTP

Muri.