Wagub Jabar Buka Resmi Launching BUMDes Tingkat Kabupaten Garut

28/03/2022 16:52

GARUT, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, Senin (28/3/2022), membuka resmi Gebyar Desa dan Launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022. Acara ini digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, dipusatkan di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut. Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan BUMDes di 42 kecamatan di Kabupaten Garut, dengan menampilkan beragam produk olahan.

Dalam kesempatan ini, Wagub meninjau kegiatan BUMDes Barokah Jaya yang dikelola Pemerintah Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, di mana kegiatan ini juga sudah mulai bergerak di bidang perbankan.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, dengan tidak mengabaikan kota, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan desa sebagai fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan memberdayakan BUMDes.

“Termasuk hari ini adalah untuk membangkitkan giroh para kepala desa untuk berinovasi berkolaborasi dengan cara digtalisasi,” katanya.

Menurutnya, saat ini setiap desa khususnya yang berada di Provinsi Jabar memiliki potensi yang sangat luar biasa, diantaranya di bidang pertanian, perikanan, maupun hal lainnya.

“Makanya saya berharap orang yang sekolah dikota setelah tamat jangan kerja di kota, balik ke desa untuk membangun desa itu sendiri,” kata Uu.

Dalam kesempatan yang sama Sekda Garut, Nurdin Yana, menyampaikan, adanya kreativitas yang dibangun, salah satu BUMDes di Kabupaten Garut yaitu BUMDes Barokah Jaya dari Desa Wanajaya yang kini sudah mulai berkolaborasi dengan beberapa instansi, hal itu untuk memudahkan beberapa pelayanan, salah satunya yaitu pembayaran pajak kendaraan.

“Jadi setelah kami tadi itu dengan Pak Wagub (lihat) secara akumulatif kan alhamdulillah, kita itu banyak kreativitas yang kita bangun yang sebetulnya itu jadi modal kita, jadi insha Allah sekarang BUMDes melalui proses pendekatan manfaat atau dengan kolaborasi dengan teman-teman bank perbankan,” kata Nurdin.

Nurdin berharap, dengan adanya kolaborasi antara BUMDes dengan beberapa instansi, dapat memberdayakan BUMDes sehingga akan lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat.

Sementara itu, Kepala DPMD Provinsi Jabar, Dicky Saromi menuturkan, tujuan dari kegiatan ini adalah menggebyarkan potensi dan keunikan desa, sekaligus menjadikan desa sebagai barometer keberhasilan dalam membangun Jabar Juara.

“Apa yang kita lakukan ini nanti akan terus dirangkai kan dengan kegiatan desa-desa lain, yang ada di seluruh Jawa barat karena masing-masing desa di seluruh Jawa barat itu mempunyai keunikan dan mempunyai potensi khususnya bagi mereka yang juga menjalankan ekonomi desa melalui BUMDes,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Desa Wanajaya, Iif Firman Nurdin, menyampaikan, BUMDes Barokah Jaya yang telah berdiri sejak Agustus tahun 2015 ini telah bekerja sama dengan beberapa instansi, salah satunya yaitu Bank BJB Cabang Garut.

“Harapan lebih baik dan ini mungkin (ini akan menjadi) satu sejarah dimana Bumdes kedepan menjawab tantangan masa depan,” tandasnya. (Red).**

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x