Pertama di Jawa Barat, Balai Kota Sukabumi Memiliki SPKLU

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Wali Kota, Achmad Fahmi, meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ditempatkan di Balai Kota, Kamis (17/08/2023) dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Ketua DPRD, Kamal Suherman, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Setiyowati.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi, Wardi Hadi, dalam sambutannya menyampaikan dengan diresmikannya SPKLU di Balai Kota, maka hingga saat ini telah tersedia enam SPKLU diwilayah Sukabumi.

Hal ini menurutnya merupakan salah satu upaya penggunaan energi hijau sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat.

Sedangkan Wali Kota dalam sambutannya ketika meresmikan SPKLU menuturkan sesuai dengan pidato Presiden pada Sidang MPR, DPR dan DPD RI pada 16 Agustus 2023, transisi penggunaan energi baru dan terbarukan menjadi fokus pemerintah kedepannya dan keberadaan SPKLU merupakan salah satu upaya penerapan transisi tersebut.

“Salah satu amanat dari pemerintah adalah bagaimana kita mengedepankan energi baru dan terbarukan, diantaranya identik dengan bagaimana kita memasifkan kendaraan listrik,” ucapnya.

Hadirnya SPKLU di Balai Kota merupakan salah satu bentuk dukungan pihaknya terhadap transisi energi tersebut dan Balai Kota Sukabumi adalah kantor pemerintahan pertama di Jawa Barat yang memiliki fasilitas pengisian ulang bagi kendaraan listrik.

“Sebagai bentuk dukungan dan partisipasi Pemerintah Kota Sukabumi, tadi diresmikan di SPKLU di Pemda. Di Jawa Barat satu – satunya Pemda yang memiliki SPKLU adalah di Kota Sukabumi,” jelasnya.(ida)