DPC HARPI Melati Kabupaten Garut Gelar Kegiatan Bertema Kilau Mega

07/06/2022 18:31

GARUT, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kabupaten Garut Periode 2022-2027, Selasa (7/6/2022), dilantik, Pelantikan berlangsung di Gedung Wanita RA Lasminingrat, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Bertemakan “Kilau Mega” atau Kibar Gemilau Mempelai Garut, selain pelantikan, berlangsung pula seminar kecantikan dan lomba tata rias pengantin dengan jumlah peserta 157 orang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Pengendalian Anak (DPKBPPPA) Garut, Yayan Waryana menyampaikan, atas nama pemerintah daerah pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang juga bersentuhan langsung dengan bidang pemberdayaan perempuan ini.

Ia berharap, dengan adanya pelantikan ini para pengurus yang baru bisa melaksanakan tugasnya dengan amanah, tulus hati, dan memiliki semangat kinerja yang baik bagi organisasi HARPI Melati Kabupaten Garut.

“Tentu diharapkan dengan keberadaan pengurus-pengurus yang baru dilantik ini ini akan membuka peluang bagi lapangan kerja yang baru jadi terobosan, inovasi dari pengurus-pengurus HARPI yang baru dilantik ini,” ucapnya.

Selain itu, imbuh Yayan, kegiatan ini juga diharapkan dapat bisa membuka peluang lapangan kerja baru, dengan adanya pelatihan serta keterampilan tata rias bagi pemuda-pemudi atau masyarakat yang ada di Kabupaten Garut.

“Tentu saja ini akan memberikan manfaat bagi banyak orang dan meningkat pendapatan keluarga terutama wanita atau perempuan sebagai mitra dari suami, mendidik anak-anak tetapi mereka jelas akan apa ya bisa membantu ya membantu dari pendapatan keluarga mereka,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Penasihat HARPI Melati Kabupaten Garut, yang juga istri Wakil Bupati Garut, dr. Hani Firdiani, mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum HARPI Melati Kabupaten Garut untuk berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat Garut, salah satunya melalui edukasi tentang tata rias pengantin.

“Tentu saja di sini ada peran edukasi untuk masyarakat, edukasi bagaimana kita bisa menghadirkan rias pengantin yang berkualitas dan berkarakter, tentu saja karakternya yang kita inginkan adalah karakter masyarakat Garut,” ungkapnya.

Senada dengan Kadis PPKBPPPA, dr. Hani juga berharap kegiatan ini dapat membuka peluang usaha ataupun lapangan kerja baru untuk masyarakat Kabupaten Garut.

“Selain edukasi kita berharap bahwa ini membuka peluang tenaga kerja yang lebih banyak membuka peluang bisnis yang lebih luas untuk masyarakat Kabupaten Garut,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC HARPI Melati Kabupaten Garut terpilih, Didah Maryana mengatakan, acara ini merupakan persembahan dari HARPI Garut sebagai dorongan kepada para perias pengantin Garut agar bangkit bersama setelah 2 tahun lamanya diliputi kecemasan akibat pandemi Covid-19.

“Acara ini pun sekaligus menjadi babak bagi HARPI Kabupaten Garut karena pada kesempatan bahagia ini ditetapkan pada kepengurusan HARPI Kabupaten Garut Periode 2022- 2027,” ucapnya.

Didah mengatakan, meskipun diterpa keterbatasan akibat adanya pembatasan selama masa pandemi, HARPI Kabupaten Garut tetap menorehkan banyak prestasi, di antaranya prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat dalam kategori tata rias pengantin _make up_ pantai di Pangandaran.

“Tahun terakhir ini program kerja dilakukan dengan berbagai pembatasan, terutama agenda yang sifatnya mengumpulkan orang banyak seperti lomba dan seminar tahunan. Akan tetapi semangat para perias Kabupaten Garut tidak pernah luntur walaupun di tengah berbagai pembatasan aktivitas dan mobilitas,” tandasnya.*(Indra).

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x