Bagi Siswa-siswi Yang Kurang Mampu, SMP Al-Yuzzakyah Solusinya Tanpa Dipungut Biaya

03/11/2021 11:53

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA –SMP AL-Yuzzakyah merupakan sekolah yayasan yang berlokasi di desa Talang Tengah Darat, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang telah berjalan sejak 3 tahun terakhir, dimulai tahun 2019 hingga 2021. Meskipun berstatus swasta, akan tetapi sekolah ini diperuntukkan bagi siswa-siswi yang berasal dari keluarga kurang mampu tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Demikian kata Plt. Kepala Sekolah, Heriyadi S.Pd.I kepada media ini, Selasa (2/11/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, di tahun 2019 sekolah ini hanya memiliki 5 siswa. Tahun 2020 bertambah 10 siswa dan di tahun 2021 ada tambahan siswa baru sehingga total keseluruhan saat ini menjadi 20 siswa. Selain dibiayai oleh Yayasan, sekolah ini juga mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Akan tetapi, bila tahun depan tidak mengalami peningkatan jumlah peserta didik, BOS yang disalurkan terancam dihentikan, ujarnya.

Masih katanya, dana Yayasan sepenuhnya dipergunakan untuk pembangunan sekolah dan pembayaran gaji guru sesuai kemampuan mereka (red-yayasan). Begitu pun dengan dana BOS yang kami terima tersebut tidaklah sebesar sekolah pada lainnya, sesuai dengan minimnya jumlah siswa kami.

“Walaupun demikian, kami selaku Plt. Kepsek akan terus mengupayakan kemajuan sekolah dengan tetap mengedepankan kepentingan siswa dan kesejahteraan guru. Bagi siswa tidak dikenakan biaya apapun, bahkan untuk fotokopi buku pelajaran pun dibiayai oleh sekolah. Sedangkan untuk pembayaran gaji guru dihitung perbulan Rp. 200 ribu rupiah dari Yayasan dan tambahan dari dana BOS sebesar Rp. 100 ribu rupiah. Total gaji yang diterima oleh para guru sebesar Rp. 300 ribu rupiah perbulan yang diberikan setiap triwulan”, bebernya.

Melalui media ini, Heriyadi menyampaikan harapannya kepada seluruh masyarakat sekitar lokasi agar berkenan menyekolahkan anak-anaknya ke SMP Al Yuzzakyah. Tahun 2022 mendatang, sekolah ini membutuhkan banyak peserta didik, tak hanya diperuntukkan bagi siswa kurang mampu tetapi terbuka pula untuk siswa lain dari keluarga mampu. Bagi masyarakat yang ingin tahu lebih banyak mengenai informasi sekolah bisa menghubungi di nomor kontaknya 085384751994.
 
“Kami dari pihak sekolah kerap turun ke desa-desa sekitar, door to door, tidak lain dengan tujuan untuk mempromosikan dan mengajak para orangtua agar mau mempercayakan anak-anak mereka menimba ilmu di sekolah ini. Besar harapan kami agar sekolah yayasan ini bisa terus berkembang dengan adanya partisipasi dan support dari masyarakat sekitar”, tutupnya penuh harap.(HERI/JUBIR OI).**

 

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x