BRIN Lakukan Penelitian Terhadap 40 Benda Koleksi Museum Prabu Siliwangi, Al Fath Sukabumi

BRIN

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) belum lama ini melakukan penelitian terhadap kurang lebih 40 benda koleksi Museum Prabu Siliwangi, yang berada di Ponpes Dzikir Al Fath Kota Sukabumi, Rabu (8/05/2024).

Tim BRIN yang dikoordinir Yusmani Ernawati mengatakan, pihaknya melakukan pengamatan dan penelitian benda – benda koleksi museum mulai dari jenis bahan, bentuk, ukuran, corak.

“Ada sekitar 40 barang koleksi Museum Prabu Siliwangi yang sudah kita teliti, sebanyak 23 pra sejarah klasik Jawa Barat dan 15 keramik serta 2 kitab ukuran kecil,” katanya.

Sementara itu artefak yang tersimpan di Museum Prabu Siliwangi menampilkan local genius budaya di Jawa Barat pada era kerajaan Hindu Budha.

“koleksi yang ada di Museum Prabu Siliwangi ini memperlihatkan bahwa masyarakat Sunda itu mempunyai local genius, contohnya arca yang dipahat dengan gaya arca megalitik di Jawa Barat, selain itu juga huruf sunda yang ada disini, kami melihat ada budaya tinggi local genius Jawa Barat,” jelasnya.

Baca juga: Dr. Ribka Tjiptaning, Gandeng BRIN Dalam Pelatihan Pengolahan Sampah Jadi Kompos

Dengan demikian, lanjutnya, setelah dianalisa bahwa koleksi yang ada di Museum Prabu Siliwangi ini memperlihatkan adanya urutan sejarah budaya Indonesia, yakni pra sejarahnya, klasik Hindu Budha nya, sampai ke Islam.

Sementara KH Fajar Laksana, pendiri Museum Prabu Siliwangi mengatakan, melalui penelitian yang dilakukan BRIN, pihaknya akan mengetahui dan mengklasifikasi benda benda koleksi berdasarkan masanya.

“Dengan begitu, kita akan mengetahui mana benda yang masuk ke pra sejarah, sejarah, kolonial, atau klasik sejarah Islam, maupun benda kekinian. Selain itu, museum juga memiliki legitimasi dari benda benda yang sudah diteliti dan memiliki nilai sejarah,” pungkasnya. (ida)