Wabup Sukabumi Bahas Program Pemagangan Tenaga Kerja Keluar Negeri Di Kemenaker RI

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri membahas program pemagangan tenaga kerja ke luar negeri dengan Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi Dan Pemagangan Kementrian Tenaga kerja RI. Pembahasan dilakukan di Ruang rapat Dirjen Ketenagakerjaan, Kemenaker RI. Rabu ( 1 /2/ 2023).

Wabup mengatakan bahwa koordinasi dengan Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi Dan Pemagangan untuk membahas pemagangan ke luar Negeri terutama ke Jepang.

“Alhamdulilah, banyak sekali informasi yang di terima dan akan segera di tindaklanjuti pemagangan yang bersifat kolaboratif kerja sama antara Kemenaker dan Pemerintah Daerah,” ungkap Wabup.

Menurut Wabup, terdapat dua cara untuk melakukan kerjasama tersebut yaitu melalui LPKSO dan Kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Kemenaker.

“Pemerintah daerah akan segera menindaklanjuti dengan melakukan langkah langkah teknis melalui kolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi Dan Pemagangan Muhammad Ali, menjelaskan bahwa untuk pelatihan dalam negeri dapat di fasilitasi oleh balai pelatihan yang ada di provinsi, akan tetapi diharapkan adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk memberdayakan para peserta pelatihan di perusahaan- perusahaan yang ada di daerah .

Sedangkan untuk pemagangan luar negeri , untuk sementara Kab Sukabumi belum ada permohonan untuk mendapatkan pelatihan.

“Untuk mendapatkan pelatihan pemagangan di luar negeri maka pemerintah daerah harus mengajukan permohonan untuk mendapatkannya , sedangkan sampai saat ini pemerintah Kabupaten Sukabumi belum mengajukan pemagangan ke luar negeri, ” terangnya.

Turut mendampingi Wakil Bupati unsur Bappelitbangda, Disnakertrans, kepala Balai Latihan Kerja, BPKAD, bag Kerjasama Setda dan Perumda Agro Sukabumi Mandiri.(Sopandi)

Baca Juga :  Bupati Sukabumi : AMPI, Wadah Generasi Milenial Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *