P3A Desa Rejasari Diharapkan Bisa Membantu Produktifitas Hasil Panen Para Petani

17/09/2021 12:55

KOTA BANJAR, jurnalisbicara.com – Program Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) adalah kelembagaan pengelolaan Irigasi yang menjadi wadah petani pemakai air dalam suatu daerah layanan/petak tersier atau desa yang dibentuk secara demokratis oleh petani pemakai air termasuk lembaga lokal pengelola Irigasi.

Program ini sangat diharapkan bisa menyokong produktifitas hasil pertanian khususnya tanaman padi.

Pekerjaan saluran air tersier yang turun ke Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar yang diterima oleh Kelompok Tani Tita Reja.

Menurut Ketua Kelompok Tani Tita Reja, Yanto, program ini sangat membantu untuk mengairi sawah di Dusun Sampih RT 01 RW 07, Desa Rejasari yang panjang pekerjaan sekitar 285 meter yang membentang di pesawahan Dusun Sampih dari sumber air yang diambil dari blok sinyar angin .

“Pembangunan ini akan sangat membantu masyarakat petani, dimana yang biasanya panen dalam 2 tahun bisa 5 kali, mudah –  mudahan kedepannya, sawah satu tahun 3 kali, jadi kalau hitungan 2 tahun ya jadi 6 kali panen,” katanya.

Harapan Program ini bisa merata terbagi karena masih banyak di Desa Rejasari yang membutuhkan sarana prasaran pembangunan saluran air tersier. (Dani )

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x