Diskominfo Garut Gelar Bimtek Pemanfaatan Website Instansi atau SKPD Melalui Framework CMS

30/03/2022 19:31

“Setiap SKPD, lembaga, baik di tingkat kabupaten maupun desa nantinya dapat memiliki website berisi informasi yang menarik, informatif, variatif, serta mudah diakses masyarakat”

GARUT, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Website Instansi/ Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Melalui _Framework Content Management System (CMS)_ di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut yang berlangsung di Ruang Meeting Hotel Bintang Redante, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (30/3/2022).

Acara ini diselenggarakan selama 2 hari, diikuti 80 peserta yang dibagi dua kelas pada Rabu dan Kamus (30 dan 31 Maret 2022), dari perwakilan SKPD, kecamatan, kelurahan, dan desa.

Kepala Diskominfo Garut, Muksin, menyampaikan, acara bimtek kali ini dalam rangka untuk memberikan edukasi terkait pengelolaan website yang informatif dan menarik kepada para PIC _(Person In Charge)_ yang memiliki tugas dalam mengelola website di setiap SKPD dan instansi di Kabupaten Garut.

“Jadi bimtek ini adalah bintek sejenis _Content Management System_, jadi diperuntukkan untuk SKPD dalam rangka membuat satu website, website dengan mudah karena ada CSM, ini adalah satu framework-framework yang sifatnya sebagai template sehingga nanti ada keseragaman,” kata Muksin.

Muksin menuturkan, tujuan dari terselenggaranya acara ini adalah agar setiap SKPD, lembaga, baik di tingkat kabupaten maupun desa dapat memiliki website berisi informasi yang menarik, informatif, variatif, serta mudah diakses oleh masyarakat.

“Kemudian kendala-kendala yang selama ini dihadapi seperti misalnya ada apa kesulitan untuk mendanai _hosting_ dan sebagainya itu dapat diatasi, karena hostingnya nanti di data center milik Pemerintah Kabupaten Garut di Diskominfo,” ujarnya.

Ia berharap, pelayanan informasi di masyarakat dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi, melalui suatu media informasi khususnya di era digitalisasi saat ini, sehingga di era digitalisasi ini baik badan-badan publik setidaknya memiliki satu media informasi yang mudah diakses masyarakat.

“Ya syukur-syukur sudah, nanti setelah ini dapat dikembangkan memiliki media digital yang lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Aptika Diskominfo Garut, Ryanto menyampaikan, bimbingan teknis ini dilaksanakan dalam rangka menyediakan kerangka website bagi SKPD yang belum memiliki situs web resmi, serta menstandarkan website masing-masing SKPD baik dari segi tampilan antar muka maupun konten yang tersedia di dalam website tersebut.

“Tujuan dari terselenggaranya acara ini adalah, memberikan pemahaman yang sama terkait penggunaan content Content Management System untuk website SKPD, peningkatan kompetensi operator SKPD dalam pengelolaan website SKPD, dan untuk memberikan pengetahuan baru bagi operator pengelola website SKPD,” tandasnya. (Ags).*

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x