Wabup.Sukabumi, “Pencak Silat Warisan Budaya Leluhur Wujud Bela Bangsa Bela Negara”

10/09/2022 13:07

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Wakil Bupati Sukabumi, H.Iyos Somantri membuka Acara Sukabumi Pencak Silat Competition tahun 2022 di GOR Asrama Haji Cikembar, Jumat (9/9/2022).

Acara diawali dengan janji wasit dan Penampilan Rampak Gendang dari Kecamatan Ciambar.

Menurut ketuaPanitia, Gunawan, Kegiatan Sukabumi Pencak Silat Competition diikuti oleh 1000 orang Peserta dari Paguron Pencak Silat Kota/ Kab Sukabumi dan Cianjur dan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 9 s/d 11 September 2022 di GOR Islamic Centre Cikembar.

” kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya bangsa dan mempererat persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Wakil Bupati mengatakan kompetisi harus di jadikan sebagai momentun penting bagi pengurus beserta Pelatih di masing masing Sekolah dan Perguruan untuk menggali potensi, pengalaman, mengasah mental dan kemampuan serta meningkatkan prestasi anak didiknya sekaligus evaluasi pembinaan selama ini.

“Kompetisi juga harus memunculkan energi positif untuk mempererat persaudaraan antar Pelajar antar Perguruan demi terrwujudnya persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,” ungkapnya.

Menurut Wabup, Diadakannya kompetisi
sebagai salah satu bukti kesiapan bela Bangsa Bela Negara. Sebab Pencak Silat ini merupakan Warisan dunia milik Indonesia yang telah diakui Unesco.

“Dengan demikian Pencak Silat adalah bagian dari aset negara yang sangat berharga, kita selaku mampu menjaga amanah agar aset pencak silat tetap menjadi milik Indonesia,” tegasnya.

Wabub berharap melalui perhelatan tersebut menghasilkan pesilat yang bisa membawa harum Kabupaten Sukabumi di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Selanjutnya Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri melakukan pemukulan Gong sebagai tanda dibukanya Sukabumi Pencak Silat Competition. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x