Wabup.Sukabumi Bersama Guru Besar IPB Bahas Program Konservasi Dan Ekowisata Terintegrasi

01/09/2022 09:48

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri Menerima kunjungan Guru Besar IPB beserta rombongan terkait Program Konservasi di kabupaten Sukabumi. Penerimaan dilakukan di Aula utama Pendopo Sukabumi, Rabu (31/08/2022).

Guru besar fakultas kehutanan dan lingkungan IPB, Hadi S Alikodra menyampaikan bahwa tujuan kunjungan untuk mengintegrasikan ekowisata TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak) dan bioprospeksi dalam satu ekosistem wilayah pembangunan berkelanjutan, yakni kesatuan wilayah pembangunan daerah Kab. Bogor, Kab.Sukabumi, Kab. Lebak, dan Kota Bogor dengan inti TNGHS.

“TNGHS seluas 87.669 ha, secara administrasi berada di wilayah Kab. Bogor, Kab. Sukabumi, dan Kab. Lebak maka ini berpotensi untuk kesatuan budaya dan kearifan masyarakat untuk melindungi dan melestarikan dan memanfaatkan biodiversity yang ada,” ungkapnya.

Mengenai program konservasi tersebut, Wabup menyampaikan dukungan karena program tersebut bertujuan memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat sebagai anugerah yang harus di jaga.

“kita sepakat bahwa tujuan dari kegiatan ini sesuai dengan moto tata kelola Geopark untuk memuliakan bumi oleh karena itu program ini sangat baik untuk ditindaklanjuti sehingga memberi manfaat yang besar bagi masyarakat,” ungkapnya.

Wabup juga berharap areal tersebut bisa dimanfaatkan dan dikelola menggunakan metode kolaborasi fentahelix dengan memperhatikan kearifan alam, budaya dan sosial.

“kedepan kita ingin bahwa kawasan TNGHS bisa di manfaatkan dengan baik dan bijak melalui sinergitas semua unsur, sehingga masyarakat di sekitar TNGHS meningkat kesejahteraanya, terlindungi dan terayomi,” pungkasnya. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x