Ragam  

Tim Asesor Sebut, “Geopark Ciletuh Palabuhanratu Salah Satu Yang Terbaik Di Dunia”

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri melepas Tim Asesor Unesco Global Geopark (UGG) asal Jerman dan Austria untuk Revalidasi Pertama Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp). Pelepasan dilakukan di Pendopo Palabuhanratu. Sabtu (28/5/22).

Asesor asal Jerman, Mr. Hening Zellmer mengatakan, sebanyak 13 rekomendasi yang menjadi sasaran target penilaian di CPUGGp telah dilakukan selama tiga hari berlangsung sejak tanggal 25 Mei lalu dan hasilnya sangat bagus.

“Kesan yang sangat tidak terlupakan adalah waktu pelepasan penyu dan dua hari terakhir ini saya bertemu dengan orang-orang yang sangat ramah, ” ucapnya.

Menurut Mr. Hening, pengelolaan CPUGGp di Kabupaten Sukabumi sangat kolaboratif antara Pemerintah Daerah dengan pegiat wisata, petani dan pengembangan produk daerah regional.

“Waktu pengisian form memang pekerjaan yang berat namun banyak sekali hal positif dari bantuan pemerintah dan unsur lainnya,” terangnya.

Sambung Mr. Hening Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan anggota yang sangat luar biasa dari Unesco Global Geopark.

“Untuk 4 tahun kedepan semua evaluator harus memberikan rekomendasi, namun rekomendasi bukan berarti bahwa pekerjaannya buruk tetapi semua geopark harus berkembang terus kedepan dengan lebih baik dan Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan anggota yang sangat luar biasa dari Unesco Global Geopark,” bebernya.

Asesor asal Austria Mr. Oliver Gulas Wohri menyarankan bahwa Ciletuh Palabuhanratu sangat luar biasa sehingga harus tetap mempertahankan pekerjaan yang sangat baik dan kualitas, juga yang harus ditindaklanjuti adalah pekerjaan yang telah dilakukan secara kolaboratif antar stakholder.

“Saya harap kedepan pengelola Geopark Ciletuh bisa bertukar pikiran baik itu masyarakat, komunitas bahkan jejaring Geopark lain dan Geopark Palabuhanratu ini merupakan salah satu yang terbaik yang dapat dijadikan contoh bagi jejaring Unesco Global Geopark di Dunia, ” tandasnya.

Baca Juga :  Menegaskan Peran Korporasi dalam Rehabilitasi Lahan Kritis

Wakil Bupati Sukabumi, H.Iyos Somantri mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran dari tim penilai Geopark Ciletuh ke Palabuhanratu yang telah menyelesaikan tugasnya untuk revalidasi Geopark Global Ciletuh Palabuhanratu UNESCO.

“Kami berharap dari para penilai dari memberikan lampu hijau untuk Geopark Global Ciletuh Palabuhanratu UNESCO, karena keberadaan Ciletuh Palabuhanratu sangatlah berarti bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam memberikan kontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat ,” pintanya.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan cenderamata secara simbolis kepada tim asesor.

Hadir dalam pelepasan tim asesor tersebut Bappelitbangda, BPKAD, Dispar, Disbudpora, Dishub, Dinas.KUKM, Diskominfo, DLH, Kasatpol PP, Kadisdik, Dinas PU, Disperkim, dan BP. CPUGGp. (Salsa/Sop)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *