Terima Audiensi ASKLIN, Bupati Herdiat Mengamanatkan Tenaga Kerja Putra Daerah

06/10/2022 20:27

KAB. CIAMIS, jurnalisbicara.com – Silaturahmi dan Audiensi,  Ketua Asosiasi Klinik (Asklin) Kabupaten Ciamis. Jaka Kurnia Abadi, bersama rombongan ke Pemkab Ciamis, diterima Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, di Ruang Oproom Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (06/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Jaka Kurnia menyampaikan bahwa di Kabupaten Ciamis ada 76 klinik,  sementara yang masuk di AsKlin baru 42 klinik.

“Dari jumlah keanggotaan yang masuk di Asklin, Belum mencapai 50% Klinik yang bekerja sama dengan BPJS,” imbuhnya.

Jaka menjelaskan, bahwa hal ini akan mengakibatkan, kemudahan dan kelancaran masyarakat saat berobat ke klinik akan terhambat, untuk itu, dari berbagai problematika dan hambatan yang terjadi Asklin, dirinya berharap adanya regulasi yang mengatur hal tersebut dari Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Menanggapi hal tersebut Bupati Herdiat menyampaikan dukungannya terhadap Asklin, salah satunya dengan adanya regulasi yang mempermudah Asklin bergerak.

“Saya kira bodoh jika saya atau Pemda tidak mendukung Asklin, ini terkait dengan penguatan peran dan fungsi nanti seiring dengan maju dan berkembangnya klinik yang ada, namun dari sisi regulasi juga perlu diimbangi regulasi dari Pemda Ciamis,” kata Bupati.

Bupati Herdiat menjelaskan bahwa dalam regulasi minimal 10% dari dana APBD adalah peruntukan pelayanan masyarakat di bidang Kesehatan.

“Jadi urusan yang sifatnya berhubungan dengan kesehatan dan pendidikan sudah ter amanatkan dalam undang-undang kepada Pemerintah, sehingga kami beranggapan bahwa ketika dengan adanya aturan yang mengatur terhadap kelancaran dan kemudahan dalam pelayanan kesehatan kenapa tidak,” Tegasnya.

Bupati sangat berterimakasih, karena dengan adanya klinik, Pemda merasa sangat terbantu dalam bidang pelayanan kesehatan.

Selanjutnya terkait tenaga kerja, Bupati mengamanatkan agar memanfaatkan tenaga kerja yang berdomisili di Ciamis. (Heryadi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x