Pokja PAUD Kecamatan Palabuhanratu Dikukuhkan, Sekda, “Kuatkan Pendidikan Anak Berkualitas”

11/01/2023 20:40

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Sebanyak sembilan Desa dan Satu Kelurahan Kelompok Kerja Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Kecamatan Palabuhanratu dikukuhkan oleh Camat Palabuhanratu H. Ali Iskandar di Aula Bale Pangripta Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi,Rabu (11/1/22).

Acara Pengukuhan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ade Suryaman, Pokja Bunda PAUD Kab. Sukabumi Hj Yani Jatnika Marwan, Kemenag, Disdik, serta tamu undangan lainnya.

Camat Palabuhanratu H. Ali Iskandar, dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan Pokja PAUD tingkat Kecamatan Palabuhanratu ini merupakan Deklarasi pengenalan kepada semua penyelenggara pendidikan dini, yang diikuti sebanyak 212 orang meliputi, Himpaudi, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (PGTKI), Forum Kader Posyandu Indonesia (FKIP) dan Pembina gerakan pramuka wilayah Palabuhanratu.

“Deklarasi ini selain memperkenalkan kepada semua guru PAUD juga dirangkaikan dengan sosialisasi mitigasi bencana dan orientasi pramuka golongan siaga,” katanya.

Camat Ali menjelaskan, terselenggaranya Deklarasi tersebut bertujuan untuk memberikan predikat anak yang berkualitas, melalui bidang kesehatan, gizi, perlindungan, dan kesejahteraan.

“Ini adalah salah satu bentuk ikhtiar kita dalam menurunkan angka stunting di Kecamatan Palabuhanratu,” ujarnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kab. Sukabumi Hj .Yani Jatnika Marwan menyatakan, Pokja bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri pemerintahan atau kepala daerah dari pusat sampai ke desa atau kelurahan dalam melaksanakan pendidikan anak usia dini di wilayahnya untuk menuju PAUD yang berkualitas.

Pengukuhan Pokja Bunda PAUD Kecamatan tersebut merupakan program kerja Pokja Bunda PAUD tingkat Kabupaten tahun 2023, dimana setiap kecamatan itu harus mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan. Jadi berhasil tidaknya Bunda PAUD melaksanakan program tergantung kepada Pokja nya. Maka dari itu Pokja tingkat kecamatan harus mendukung segala bentuk program yang telah ditentukan dari Bunda PAUD Kabupaten.

Kehadiran Pokja ini untuk membantu dalam penyelenggaraan pendidikan anak yang unggul dan berkualitas. Dalam mewujudkan itu ada tiga agenda khusus yang harus dilaksanakan, pertama peningkatan APK, kedua penurunan angka stunting, ketiga kesehatan dan gizi, keempat Perlindungan, dan kelima kemitraan.

“Ada lima Organisasi perangkat daerah yang bisa menjadi leading sektor didalam pokja PAUD ini, jangan sungkan konsultasi kepada stakeholder tersebut demi mewujudkan pendidikan anak yang berkualitas di Kabupaten Sukabumi,” pintanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mendukung penuh terselenggaranya Deklarasi tersebut, karena melalui acara ini bisa menjalin semua unsur kebersamaan dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sukabumi.

“Teruslah bergerak menebar kebaikan melalui kreasi dan inovasi hingga melahirkan karya nyata yang bermanfaat dalam rangka menguatkan pendidikan anak usia dini di wilayah Kecamatan Palabuhanratu.”

Dalam kesempatan tersebut secara simbolis dilakukan penyematan pin oleh perwakilan Himpaudi Jabar kepada Pokja Bunda PAUD Kecamatan Palabuhanratu,Dra Lilis Suryana. Kemudian acara dilanjutkan sosialisasi Mitigasi bencana dan orientasi Pramuka Golongan Siaga. (Sopandi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x