Ragam  

Pengukuhan Bunda Literasi Jeneponto

KAB.JENEPONTO, jurnalisbicara.com – Bupati Iksan Iskandar menghadiri acara pengukuhan Bunda Literasi sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan minat baca dan kegemaran membaca masyarakat, Selasa (25/09/2023).

Acara ini diadakan di Gedung Kalabbirang rumah jabatan Bupati yang dihadiri oleh Dandim 1425 Jeneponto Leltkol Muh. Amin, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Hamsiah Iksan dan Wakil Ketua TP PKK Hj. Salmawati Paris Kadis Perpustakaan H. Nuralim, Para camat, termasuk tokoh masyarakat, pendidik, dan komunitas lokal.

Dalam sambutannya, Bupati Jeneponto menggarisbawahi pentingnya peran Bunda Literasi sebagai motivator, inspirator, dan teladan bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan minat baca.

“Peningkatan minat baca dan kegemaran membaca merupakan langkah penting dalam memajukan literasi dan pengetahuan di Jeneponto,” ujar Bupati.

“Kami percaya bahwa Bunda Literasi dapat menjadi agen perubahan yang kuat dalam mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam membaca dan mengembangkan potensi literasi mereka,* tambahnya.

Bunda Literasi adalah sebutan yang diberikan kepada perempuan-perempuan inspiratif yang berkomitmen untuk mendukung program literasi di Jeneponto.

Mereka akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perpustakaan, dan komunitas untuk mengorganisir berbagai kegiatan literasi, seperti lokakarya membaca, pertemuan buku, dan kampanye literasi.

Program Bunda Literasi juga akan memberikan perhatian khusus pada anak-anak, remaja, dan keluarga dengan mengadakan kegiatan literasi yang menyenangkan dan edukatif.

Tujuannya adalah mengubah persepsi masyarakat terhadap membaca sehingga menjadi kegiatan yang menarik dan bermanfaat.

Selain itu, Bunda Literasi juga akan berperan dalam mendukung pengembangan perpustakaan desa, membagikan buku bacaan kepada anak-anak, dan mengadakan ceramah literasi di berbagai tempat seperti sekolah dan pusat komunitas.

Pengukuhan Bunda Literasi merupakan langkah nyata dalam mewujudkan visi Jeneponto sebagai kota yang berbudaya literasi.

Baca Juga :  SMP Negeri 1 Tanjung Raja Gelar Pelantikan Ketua Dan Pengurus Osis priode 2024/2025

Pemerintah daerah berharap bahwa program ini akan merangsang pertumbuhan minat baca dan literasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan pengetahuan dan kualitas hidup.

Acara pengukuhan di laksanakan secara khidmat oleh Bunda Literasi Kabupaten Hj. Hamsiah Iksan yang secara resmi melantik Bunda Literasi di 11 Kecamatan di kabupaten Jeneponto, mereka yang di amanahkan mengemban amanah adalah masing-masing Ibu ketua tim penggerak kecamatan. Selanjutnya Hj. Hamsiah Iksan berharap adanya dukungan dan sinergitas dari seluruh steakholder dalam mewujudkan program strategis bunda literasi ke depan. (Iskandar)