Pelaksanaan Ibadat Paskah di Kabupaten Purwakarta Berlangsung Aman

17/04/2022 17:08

KAB.PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Pelaksanaan ibadat Jum’at Agung dalam rangkaian perayaan Paskah 2022, berlangsung aman di gereja-gereja se- Kabupaten Purwakarta, Sabtu (16/04/2022) petang.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto, melalui Kabag Operasional, Kompol Suharto mengatakan, pelaksanaan rangkaian ibadat Paskah 2022 berlangsung aman di Kabupaten Purwakarta.

Ia menambahkan dalam pengamanan perayaan paskah 2022, Polres Purwakarta dan polsek jajaran meningkatkan pengamanan di gereja yang ada di wilayah kabupaten Purwakarta, sejak kamis malam, hingga puncak perayaan pada minggu.

“Polres Purwakarta bersama TNI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memastikan keamanan terhadap Umat Nasrani yang melaksanakan ibadah Jumat Agung atau Paskah. Kita tidak mau meremehkan, patroli dan penjagaan terus kita tingkatkan. Tentunya dengan menjalin sinergi lintas sektoral,” ucap Suharto, pada Minggu, 17 April 2022.

Selama pengamanan, sambung dia, pihaknya melakukan pemeriksaan dan menyisir gereja, termasuk sterilisasi baik lingkungan di luar, di dalam, maupun di altar sebelum dilakukan ibadah.

“Untuk personel yang akan melaksanakan pengamanan pada saat pelaksanaan ibadah paskah kita menurunkan sebanyak seratus personel baik berseragam maupun berpakaian preman. Mulai dari pengamanan terbuka, pengamanan tertutup, pengaman jalur dan patroli Samapta,” jelas Suharto.

Ia menambahkan, selain menempatkan anggota di gereja-gereja, pihaknya juga menempatkan personil di pusat perbelanjaan karena libur panjang weekend dan menjelang lebaran.

“Yang jelas, pengamanan secara maksimal namun proporsional. Kami akan all out dengan memperhatikan kenyamanan warga yang beribadah dan masyarakat Purwakarta yang tengah beraktivitas,” sebutnya.

Kompol Suharto mengatakan, perayaan Paskah tahun ini bertepatan dengan berlangsungnya ibadah puasa bagi umat Islam.

Ia mengimbau, agar seluruh umat beragama di Kabupaten Purwakarta tetap menjaga toleransi dan rasa kekeluargaan yang sudah terjalin sangat baik.

“Pentingnya toleransi serta kerendahan hati dengan saling menghargai dan menghormati di setiap kegiatan keberagamaan masing-masing, menjadi kunci inti terciptanya iklim damai di Purwakarta. Pelaksanaan ibadah puasa hingga Idul Fitri kedepan juga lancar,” tutup Kompol Suharto, SH. (Dwi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x