Ragam  

Panen Raya Cabai, Wabup”Kolaborasi Kembangkan Sektor Pangan Terintegrasi Di Kabupaten Sukabumi”

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri panen raya Cabai Program Ekosistem Ketahanan Pangan Terintegrasi (Pangsi) Bank Indonesia” di Ponpes Al-Hikmah Kampung Selaeurih Desa Selaawi Kecamatan Sukaraja, Selasa,( 7/3/2023).

Direktur Perwakilan BI Jawa Barat Bambang Pramono menyebutkan Panen cabe di Ponpes Al Hikmah ini merupakan program penguatan ekonomi serta ketahanan pangan terintegrasi di Jawa Barat.

” Selain ketahanan pangan juga untum mencegah stunting yang menjadi perhatian kita semua sehingga jumlah penderita stunting bisa berkurang,” terangnya.

Wakil Bupati dalam sambutanya menyatakan Panen raya cabai PANGSI ini merupakan hasil kerja kolaboratif berbagai unsur di bidang pertanian dan hasil kerja nyata tersebut diyakini dapat menguatkan program ketahanan pangan.

‘ Kami mengapresiasi Bank Indonesia perwakilan Prov Jabar yang telah menjalin kerjasama dengan Pondok Pesantren Al-Hikmah Al-Mahfudziyah dan SMA AL-UMANAA, kelompok masyarakat serta kelompok tani untuk implementasi ekosistem PANGSI Sukabumi Project yang merupakan kerja kolaboratif untuk pengembangan sektor pangan terintegrasi di Kabupaten Sukabumi” ungkap Wabup.

Adanya panen raya cabai ini, tambah Wabup, dapat dijadikan sebagai momentum untuk memacu semangat para petani cabai, kelompok masyarakat sekitar dan para santri yang ikut terlibat dalam Ekosistem PANGSI ini agar lebih kreatif, maju, dan inovatif.

‘”Saya berharap panen raya cabai ini benar-benar meningkatkan penghasilan baik bagi masyarakat, kelompok tani maupun pondok pesantren,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Wabup juga mengajak mengoptimalkan potensi dan peluang pertanian dengan melakukan percepatan olah tanah dan tanam sehingga sasaran produksi Pertanian dapat tercapai.

‘”Kita berharap semua ikhtiar yang dilakukan dapat memberikan kontribusi positif yang berdaya ungkit kuat terhadap upaya pemerintah daerah demi terwujudnya Kabupaten Sukabumi Yang Religius, Maju Dan Inovatif Menuju Masyarakat Sejahtera Lahir Batin,” pungkasnya.

Baca Juga :  Program Pertukaran Mahasiswa Dalam Maupun Luar Negeri Paling Diminati Mahasiswa Unigal

Pada acara tersebut disaksikan wakil bupati dan direktur BI Prop Jawa Barat dilakukan transaksi penjualan cabe dari Ponpes Al Hidayah kepada Koperasi Tamara, dilanjut Panen Cabe dan pemberian plakat dari Ponpes Al Hikmah Kepada Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri.

Hadir dalam acara Pangsi tersebut : Kadis DKP, Kadis Perikanan, Kadis Pertanian; Forkopimcam Sukaraja dan tamu undangan lainnya. (Sopandi)