Ragam  

Ketua Kwarcab Kabupaten Sukabumi Minta Kwaran Pramuka Parakansalak Tingkatkan Pendayagunaan Potensi

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi Kak Ade Suryaman melantik dan mengukuhkan Pengurus Majelis Pembimbing, Badan Pemeriksa keuangan, dan Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Parakansalak masa bakti 2023-2026, Selasa, (4 /4/2023). Proses pelantikan dan pengukuhan yang ditandai dengan penyematan pin dan ikrar tersebut, dilaksanakan di Aula SMAN 1 Parakansalak.

Berdasarkan data yang dihimpun, Agung Gunawan dikukuhkan dan dilantik menjadi Majelis Pembimbing Kwaran. Sementara Didin Jamaluddin menjadi ketua Kwaran, dan Iswandi sebagai BPK.

Kak Ade meminta, semua yang telah dilantik dan dikukuhkan hari ini untuk berperan dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan Gerakan Pramuka di Kwaran Parakansalak. Termasuk menyempurnakan dan meningkatkan pendayagunaan potensi yang dimiliki.

‘Tolong sempurnakan dan tingkatkan potensi seperti sumber daya anggota, materi pendidikan, hingga sistem pembinaan, dan manajemen organisiasi. Sehingga Gerakan Pramuka mendapatkan perhatian dari generasi muda,” ujarnya.

Apalagi, Gerakan Pramuka terbukti mampu mencetak kaum muda yang cinta tanah air, berpendidikan, berkarakter, serta berbudi pekerti luhur. Termasuk mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Semua itu sesuai tugas pokok Gerakan Pramuka yakni, menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda sebagai tunas bangsa. Semua itu agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik,” ucapnya.

Dirinya pun mengingatkan semuanya terkait sosialisasi dan reaktivasi gugus depan, kolaborasi, hingga digitalisasi. Hal itu seperti pesan yang disampaikan Ketua Kwarda Jawa Barat Kak Atalia Praratya.

“Jadi, mari semuanya untuk membuat berbagai inovasi yang dapat berkontribusi positif bagi pembangunan karakter anak bangsa,” ungkapnya.

Majelis Pembimbing Kwartir Ranting Parakansalak Agung Gunawan mengajak semuanya untuk sama-sama membangun karakter anak bangsa melalui Pramuka. Dalam mewujudkan semua itu, perlu adanya sinergitas yang baik antara semua pihak. Terkhusus di wilayah Kecamatan Parakansalak.

Baca Juga :  Bupati Anne: Destinasi Wisata Purwakarta Memang Istimewa

“Mari kita sama-sama membangun dan mendorong Kabupaten Sukabumi yang lebih baik,” pungkasnya. (Sopandi)