Ragam  

Ketua DPD UMKM RI Sosialisasikan Manfaat Pelaku Usaha Nyata UMKM Naik Kelas

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Ketua DPD UMKM Rakyat Indonesia Kabupaten Ogan Ilir Dewi Badriah Rahman, bersama Pengurus mengadakan Sosialisasi dan Konsolidasi Kepada Warga Desa Ulak Aurstanding Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, Jumat (31/5/2024).

Bertempat di Kantor Desa Ulak Aurstanding, sosialisasi dan Konsolidasi dihadiri Istri Kepala Desa selaku Ketua Tim penggerak PKK Desa, Sekretaris Desa, para Kadus, tokoh masyarakat dan warga desa yang terdiri dari ibu- ibu pelaku UMKM dengan hikmad mendengarkan paparan dari Ketua DPD UMKM Rakyat Indonesia Kabupaten Ogan Ilir Dewi Badriah Rahman mengenai pentingnya peran UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk lebih baik lagi kedepannya.

Dewi Badriah Rahman mengatakan pelaku nyata UMKM rakyat Indonesia terdiri dari banyak bidang usaha, seperti usaha bengkel, pangkas rambut, salon kecantikan, Kuliner, kerajinan tangan, serta bidang pertanian dan perkebunan.

“Pelaku usaha nyata UMKM merupakan usaha disegala bidang yang nyata yang benar- benar ada dan tidak fiktif, nantinya bisa mendapatkan bantuan berupa alat dari pemerintah dan pinjaman modal dari KUR untuk mengembangkan usaha yang sudah berjalan tetapi terkendala dengan modal,” terangnya.

Diterangkan Dewi Badriah sebagai DPD UMKM Rakyat Indonesia yang merupakan perpanjangan tangan dari masyarakat kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat bisa membantu cara pengusulan agar bisa mendapat kan bantuan kepada para pelaku nyata UMKM untuk mendapatkan bantuan peralatan dari pihak terkait ,dan bisa membantu penyaluran pinjaman dana KUR, untuk mengembangkan usaha mereka masing-masing biar masyarakat sejahtera dan mengurangi angka pengangguran.

“Untuk mengusulkan bantuan dari pemerintah para pelaku UMKM harus berkelompok sesuai dengan bidang usahanya masing – masing, sedangkan untuk bantuan modal bisa diajukan ke Bank bisa mendapatkan pinjaman dari dana KUR yang tanpa agunan,” jelasnya.

Baca Juga :  Layanan Penitipan Makanan H-1 Lebaran, Pengunjung Membludak Kalapas Sukabumi Turun Tangan

Sementara Harkat sekdes Ulak Aurstanding menyambut baik adanya Sosialisasi dan Konsolidasi dari UMKM rakyat Indonesia ia berharap apa yang telah disampaikan tersebut bisa diterima oleh masyarakat dan bisa bermanfaat untuk kemajuan Desa Aurstanding.

“Kami berharap apa yang kami usulkan atas bantuannya kami harapkan bisa untuk meningkatkan dan memajukan Desa Aurstanding,” harapnya.

Senada yang disampaikan oleh ibu Holilah ia juga berharap program- program yang disampaikan kepada masyarakat bisa terealisasi seperti kredit tanpa agunan dan juga pinjaman untuk pertanian padi seperti bayar setelah panen.

” Kami berharap agar bantuan berupa alat dari pemerintah dan pinjaman modal dari bank bisa terealisasi, seperti kami disini mayoritas petani padi kalau bisa kami dapat pinjaman Yar Nen ( bayar setelah panen),” ungkapnya.