Ragam  

Kadin Perkimtan OI Ikut Melebung Ikan Di Desa ULak Bedil

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Melebung adalah Tradisi warisan nenek moyang masyarakat Ogan Ilir, Aktivitas masyarakat OI ini biasa di lakukan pada saat kondisi air rawa/sawah mengering memasuki musim kemarau.

Biasanya kegiatan melebung tersebut mengundang para pejabat daerah,toko masyarakat dan sanak saudara.Guna untuk mempererat jalinan silaturahmi saja.dalam kegiatan tersebut tidak ada acara yang begitu serius hanya ada acara makan -makan dengan menyajikan aneka menu ikan bakar hasil tangkapan.seperti ikan bakar gabus,ikan bakar Betok dan lainnya,terserah selera tamu undangan saja.

Salah satu pejabat yang di undang dalam acara melebung tersebut adalah kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Ogan Ilir Elvis Rusly, dalam acara ini mendampingi Bupati Ogan Ilir saat selesai kunjungan dari menghadiri acara Sunatan Masal dalam rangka memperingati hari HKN ke -59 tahun.

Menurut Elvis, dirinya adalah asli putra Daerah kabupaten Ogan Ilir,jadi selaku putra daerah kabupaten Ogan ilir .dirinya mem berikan support adanya acara tradisi melebung.

“Saya asli putra daerah kabupaten Ogan Ilir. Jadi kegiatan tradisi melebung ini saya sangat mendukung sekali,karena bisa mempererat hubungan silaturahmi dengan sanak saudara bahkan juga dengan para pejabat,dengan adanya acara ini masyarakat bisa lebih mengenal siapa para pejabat yang kabupaten Ogan Ilir terkhusus nya kepada bapak bupatinya Panca Wijaya Akbar” Kata dia.

Dikatakan Elvis, Di dalam agama Islam sangat di anjurkan untuk sering-sering bersilaturahmi dengan sesama kita, ” Seperti melaui tradisi melebung Ikan, ini patut di lestarikan karena baik sekali untuk masyarakat Ogan Ilir yang agamanya mayoritas hampir seluruhnya beragama Islam” ujarnya.

Begitu juga menurut Bupati Kabupaten Ogan ilir saat menghadiri acara melebung ikan mengatakan bahwa, tradisi melebung adalah Tradisi warisan nenek moyang yang patut di lestarikan.

Baca Juga :  Polres Ogan Ilir Gelar Apel Pergeseran 604 Personil PAM ke 1.261 TPS di 16 Kecamatan

“Melebung ikan di rawa ini adalah tradisi warisan nenek moyang masyarakat Ogan Ilir yang patut di jaga,dengan terbiasa membudidayakan ikan di lebung rawa sawah itu sangat baik. Pada saat menjelang musim kemarau bisa panen,bisa membantu perekonomian keluarga di musim menjelang kemarau dan bisa menambah pertumbuhan gizi,menekan angka penyakit kurang gizi (Stanting)” kata dia.

Dalam hal ini bukan hanya kadin Perkimtan OI Elvis Rusly saja yang di undang, turut hadir juga Bupati kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar,gubernur dan wakil gubernur Sum-Sel Heman Deru, dan Mawardi Yahya pada masa jabatannya,kadisdik OI Sayadi, Dishub OI, camat Indralaya, seluruh kades se Kecamatan Indralaya, perangkat desa ,toko masyarakat serta warga masyarakat desa yang turut hadir.