Ragam  

Giat KUA Kec. Tarowang, Dalam Pernikahan dan Tauziyah Perkawinan

KAB.JENEPONTO, jurnalisbicara.com – Kepala KUA Kec. Tarowang Drs. H. Syamsuddin K, pada hari Rabu (01/03/2023) ke Dusun Tanahkeke Desa Tarowang Kec. Tarowang melaksanakan tugas pengawasan, pemeriksaan dan memimpin pelaksanaan aqad nikah, melelui proses menguji kebenaran syarat dan rukun nikah pada calon pengantin an. Syamsul Bahri Hamzah dan Nur Fajra.

Dalam proses pelaksanaan aqad nikah pihak wali nikah yakni bapak kandung calon pengantin perempuan menyerahkan perwakilan kepihak penghulu dalam hal ini Kepala KUA untuk menikahkan putrinya, dan Kepala KUA menerima disaksikan 2 orang saksi dan melangsungkan aqad nikah.

Setelah aqad nikah dilanjutkan dengan acara Tauziyah Perkawinan yang dihadiri oleh Kepala KUA Kec. Tarowang, HUMAS KUA, Ketua MUI Kec. Tarowang, Kepala Desa Balang Baru, Tokoh Agama, dan pihak keluarga calon pengantin laki-laki dan perempuan, peserta kurang lebih 50 orang.

KH. Aripin, S.Pd.I Ketua MUI Kec. Tarowang yang juga ASN KUA Kec. Tarowang yang menjadi pembawah tauziyah Perkawinan menyampaikan bahwa agar kehidupan rumah tangga tetap sehat, harmonis dan mampu menghadapi beragam tantangan dan persoalan hidup, perkawinan harus ditopang oleh 4 pilar yang kuat.

Pasangan suami isteri harus menyadari dan memahami 4 pilar perkawinan yang sehat yakni :
1. Hubungan perkawinan adalah berpasangan (Zawaj)
2. Perkawinan adalah perjanjian yang kokoh (mitasaaqan ghalizhan)
3. Perkawinan perlu dibangun dengan sikap dan hubungan yang baik (mu’asyarah bil ma’ruf)
4. Perkawinan dikelola dengan prinsip musyawarah.

Ke 4 pilar inilah yang akan membantu menjaga hubungan yang kokoh antar pasangan suami – isteri dan mewujudkan kehidupan perkawinan yang sakinah wamaddah wa rahmah. (Iskandar lewa)

Baca Juga :  Sekretariat DPRD Purwakarta Laksanakan Taddarus dan Doa Bersama Selama Ramadhan 1443 H