Ragam  

Gedung IKM Sukabumi Di Resmikan,Bupati Tingkatkan Nilai Tambah Ekonomi

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Gedung Promosi dan Pusat Pengembangan Produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Jalan KH Anwari, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu diresmikan Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, pada Rabu 27 September 2023. Bangunan tersebut berfungsi untuk peningkatan ekonomi, penciptaan nilai tambah, dan penyerapan tenaga kerja.

Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas 9000 meter persegi yang terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama merupakan ruang galeri dan tempat edukasi, lantai kedua produk-produk display IKM dan digital marketing, lantai tiga tempat pelatihan sekaligus mess

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengatakan, gedung promosi dan pusat pengembangan IKM yang terletak di Jalan KH Anwari sangat bermanfaat dalam menunjang pemasaran produk-produk IKM, juga membuka peluang usaha bagi masyarakat.

“Pemkab. Sukabumi berkomitmen untuk terus berbenah dan meningkatkan pembangunan infrastruk ekonomi pasca covid-19, salah satu wujud nyatanya adalah pembangunan gedung promosi dan pusat pengembangan produk IKM ini,” jelasnya.

Bupati mengakui, selama ini Kabupaten Sukabumi kesulitan untuk mempromosikan produk UMKM, namun dengan dibangunnya gedung tersebut dinilai akan mendongkrak pertumbuhan laju perekonomi masyarakat di daerah.

“Gedung ini akan memberikan harapan besar bagi masyarakat di Kabupaten Sukabumi untuk mendorong potensi-potensi yang dimiliki. Baik pengembang sektor pertanian, peternakan, perikanan hingga kesenian,” ungkapnya.

Bupati meminta, jalan KH Anwari untuk diperlakukan secara efektif, apalagi pada saat akhir pekan maupun libur panjang, supaya mobilisasi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Palabuhanratu bisa melintasi jalur tersebut.

“Jalur ini memang belum termasuk jalur protokol, sehingga nanti diperlukan rekayasa arus oleh Polres dan Dishub supaya wisatawan bisa diarahkan pulang berwisata lewat sini,” imbuhnya.

Dirinya berharap, kepada pihak yang terlibat dalam pengelola gedung tersebut dapat menggunakan dan memeliharanya dengan sebaik mungkin, sehingga gedung promosi IKM dapat digunakan sesuai dengan fungsinya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca Juga :  Dana BLT Desa Talang Dukun Kecamatan Sungai Pinang Sudah Dibagikan

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dani Tarsoni, menambahkan, konsep bangunan ini adalah konsep go green. Dimana bangun tersebut terdapat beberapa kaca dan ventilasi udara.

Dirinya berharap, dengan di bangunnya gedung promosi IKM di Kabupaten Sukabumi bisa menjadikan pusat pengembangan usaha pelaku UMKM, sehingga bisa menjadikan pelaku UMKM yang berbudaya dan berdaya saing.

Acara persemian gedung ditandai dengan makan opak has jampang bersama seluruh siswa sekolah dasar dan masyarakat. Dilanjutkan dengan peninjauan infrastruktur gedung dan boots IKM oleh Bupati Sukabumi dan unsur forkopimda lainnya.(Sopandi)