Ragam  

Gandeng Prof. Yohanes Surya, Pemkab.Buol Gelar Pelatihan Matematika Metode Gasing

KABUPATEN BUOL, jurnalisbicara.com – Pemerintah Kabupaten Buol telah menggandeng Profesor Yohanes Surya dan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Buol. Dalam rangka mencapai tujuan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Pelatihan Matematika “Cetak Jagoan Matematika” dengan metode pembelajaran Gasing. Kegiatan ini dibuka pada Rabu (8/11/2023), bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Buol.

Gasing adalah singkatan dari gampang, asyik dan menyenangkan. Metode Gasing dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya. Kunci pembelajaran dengan metode Gasing adalah proses langkah demi langkah yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi selanjutnya.

Dalam pembelajaran metode Gasing ini, anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga.

Materi abstrak diawali dengan sesuatu yang konkrit, sehingga memudahkan siswa untuk memahami konsep yang diajarkan. Salah satu hasil dari pembelajaran dengan metode ini adalah anak dapat melakukan perhitungan cepat.

Selain itu, dengan metode ini siswa akan diajari memecahkan masalah cerita dengan pendekatan logis dan eksploratif, tanpa perlu menghafal rumus.

Penjabat Bupati Buol, Drs. M. Muchlis, MM yang diwakili Asisten Pemerintahan Dan Kesra Setda Kabupaten Buol, Drs. Kasim, MM, dalam sambutannya menyampaikan harapannya bahwa metode Gasing akan membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep matematika yang sulit, serta memperoleh kemampuan berfikir logis dan kritis.

Tujuan utama dari kegiatan pelatihan matematika dengan metode Gasing adalah untuk meningkatkan kompetensi numerasi peserta didik di Kabupaten Buol.

Pj. Bupati Muchlis mengajak semua guru yang hadir dalam acara ini untuk berkomitmen dalam menerapkan metode Gasing dalam pembelajaran matematika di sekolah.

Menurutnya, para guru memiliki peran kunci dalam membentuk pandangan anak-anak terhadap matematika, dan bersama-sama mereka bisa membimbing peserta didik menuju pemahaman yang lebih baik tentang matematika dan meningkatkan kompetensi numerasi mereka.

Baca Juga :  Upacara Hari Sumpa Pemuda Ke-95 Tahun 2023 di Gelar Halaman Kantor Bupati Buol

Pj. Bupati Muchlis menegaskan bahwa kegiatan ini adalah investasi berharga dalam masa depan anak-anak dan pendidikan di Kabupaten Buol.

Menurutnya, langkah ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di daerah ini.

Pj. Bupati Muchlis juga menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada tim penyelenggara, Yayasan Teknologi Indonesia Jaya yang didirikan oleh Profesor Yohanes Surya, serta kepada sponsor dan semua fasilitator yang akan mendampingi dan memberikan wawasan kepada para peserta.

Pelatihan ini diagendakan akan berlangsung selama 15 hari, bertempat di SDN 1 Biau. Ini adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan matematika dan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi anak-anak Kabupaten Buol untuk meraih kesuksesan dalam bidang matematika.