Dorong Literasi Digital Diskominfo Sampaikan Tantangan Dan Peluang Ruang Digital

26/03/2022 11:33

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – PAC GP Ansor Kecamatan Jampang Tengah bekerjasama dengan Kecamatan dan Desa Jampang tengah selenggarakan Pelatihan Desain Grafis dal Talk Show literasi digital dengan tema ” Teknologi Kehidupan dan Penghidupan”.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Desa Jampangtengah itu dikuti 26 peserta dari unsur generasi muda, santri dan Perangkat Desa. Talk show menghadirkan narasumber dari Diskominfo Kab. Sukabumi, Kepolisian, Ketua Pac GP Ansor Jampang Tengah.

Ketua Pac GP Ansor Jampang tengah, Faizal Hasbulloh mengatakan pelatihan tersebut diharapkan bisa meningkatkan life skill dibidang desain grafis dan pemanfaatan media sosial khususnya untuk generasi muda umumnya untuk masyarakat jampang tengah.

“Kami berharap kegiatan ini meningkatkan kapasitas generasi muda dan berkembangan menjadi hal yang positif dalam mememnafaatkan kemajuan teknologi informasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Jampang tengah, Hendra Herdyansah menjelaskan pentingnya literasi digital, mengidentivikasi kebenaran berita dan memanfaatkan media informasi secara bijaksana.

“Jangan mudah memercayai informasi didunia digital yang belum pasti kebenaranya. Kerena itu perlu literasi digital, membaca secara lengkap, mengidentivikasi serta menggali sumber sumber informasi yang terpercaya, selain itu saring dulu sebelum sharing untuk kebaikan kita semua,” jelasnya.

Pranata Humas Diskominfo, Kiki Avillian menjelaskan mengenai tantangan ruang digital ditengah globalisasi informasi dan koneksi sosial tanpa batas. Menurutnya literais digital tak hanya kemampuan akses, memahami, membuat dan dan mempuikasikan informasi tapi manfaatkan peluang peluang untuk kemajuan.

“Memperkuat hubungan sosial iya, tapi juga harus bisa memanfaatkan potensi untuk kemajuan baik untuk ilmu pengetahuan maupun pengembangan ekonomi, tak hanya itu digital etik juga penting, sehingga penggunaan ruang digital tetap dalam koridor etika dan normatif,” ujarnya.

Dirinya juga menerangkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan kanal kanal informasi yang dimiliki Pemkab Sukabumi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, Radio Citra Lestari (RCL)salah satunya.

“Media kita bisa dijadikan sarana promosi potensi daerah, UMKM, Kepariwisataan, Pertnaian atau informasi penting lainnya,” pungkasnya.

Usai talkshow, acara dilanjutkan dengan pelatihan desain grafis bekerjasama dengan BLK yayasan Nalendra Selabintana. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x