Disebar ke -10 Kecamatan, Pemkab.Bartim Salurkan 100 Ekor Hewan Kurban

09/07/2022 12:01

TAMIANG LAYANG, jurnalisbicara.com – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mendistribusikan 100 ekor hewan kurban untuk masyarakat di 10 kecamatan wilayah Barito Timur.

 “Totalnya ada 100 ekor hewan kurban dari Pemkab Bartim 63 ekor, Pemprov Kalteng 10 ekor, Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang 3 ekor, kontraktor 11 ekor, pelaku usaha perkebunan 7 ekor dan pelaku usaha pertambangan lima ekor, serta pelaku usaha perkayuan satu ekor,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat.
Menurutnya, 100 ekor sapi hewan kurban sudah mulai disalurkan ke sejumlah ke masjid dan langgar yang ada di Kabupaten Bartim.

Diharapkan pembagian hewan kurban itu bisa dibagikan kepada masyarakat untuk bisa merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 hijriah dengan suka cita walaupun pandemi COVID-19 masih belum selesai.

Orang Nomor Satu di Bartim ini menghimbau masyarakat agar tetap memperhatikan prosedur penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban dalam pengemasan yang dianjurkan menggunakan kantong plastik terang.

Masyarakat diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni memakai masker dan meminimalisir kerumunan karena saat ini masih belum bebas dari situasi pandemi COVID-19.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Tabalong ini mengharapkap penyaluran hewan kurban berjalan lancar dan bisa diterima masyarakat yang membutuhkan.

Pria yang baru saja meraih gelar doktor bidang ekonomi ini juga menyampaikan bahwa hewan kurban yang didistribusikan sudah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan dan hewan kurban yang didistribusikan ke masyarakat dinyatakan dalam kondisi sehat dan layak kurban.

Dinyatakan sehat dan layak jika memenuhi syarat seperti tidak cacat, sakit atau berpenyakit, sudah cukup umur dan tidak dalam kondisi hamil.

Petugas kesehatan hewan juga melakukan pengecekan pada hewan-hewan kurban tersebut untuk memastikan terbebas dari penyakit kuku dan mulut (PKM) yang saat ini sedang menjadi sorotan “Hewan kurban didistribusikan ke 10 kecamatan di Bartim mulai Jumat kemarin,” jelas  Ampera AY Mebas.(Tri/Jubir)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x