Ragam  

Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Gelar Seminar Budidaya Pertanian, “Cara Bertanam Durian Berbuah Lebat”

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Dalam rangka rangkaian kegiatan Gelar Festival Durian dan Pasar Leuweung Kalapa Nunggal tahun 2023 bertempat di Jayawangi Farm Kalapanunggal telah dilaksanakan Seminar Budidaya Pertanian dengan tema “Agar Pohon Durian Berbuah Lebat” dengan keynote speaker: H.Denis Eriska, SP., M.Si (Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi) dan sebagai narasumber Mulyana Ahmad (Pakar Nutrisi).

Selain itu, diadakan juga Talk Show dengan tema “Prospek Agribisnis Global” degan pembicara Deni Ruslan, SP.,MP (Kabid Sarana Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi) dan Alfian Putra (Owner Durian Sultan Bandung) yang diikuti oleh 25 orang peserta.

Melalui kegiatan tersebut Denis Eriska berharap terjadinya peningkatan kawasan durian lokal yang unggul di Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, diharapkan terciptanya pasar dan kawasan agroeduwisata di sentra-sentra durian sehingga kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar Pasisian Leuweung (sekitar hutan) di Kabupaten Sukabumi semakin meningkat.

Adapun tips merawat pohon durian agar berbuah lebat :
1.Menggunakan bibit unggul dan berkualitas
2.Pemupukan harus tepat dan berimbang
3.Pengaturan jumlah bunga dan bakal buah
4.Kecukupan air untuk penyiraman
5.Drainase yang baik
6.Pemangkasan yang baik
7.Pengendalian hama dan penyakit sejak dini. (Sopandi)

Baca Juga :  Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XLII Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2023