Ragam  

Cegah Tindak Korupsi Sejak Dini, Pemkab Ciamis Sosialisasikan “JUMAT BERSEPEDA KK”

KAB. CIAMIS, jurnalisbicara.com – Inspektorat Kabupaten Ciamis menggelar Sosialisasi Anti Korupsi melalui tenaga pendidik dengan sasaran anak anak setingkat PAUD, TK sampai SD sebagai salah satu upaya memberikan pemahaman tentang nilai nilai anti korupsi sejak dini, bertempat di aula Inspektorat kabupaten Ciamis. Kamis, (24/10/2023).

Inspektur Inspektorat Kabupaten Ciamis Syarief dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya pencegahan tindak pidana korupsi dengan peserta sebanyak 50 orang yang terdiri pengurus PD dan PC Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Ciamis.

Syarif juga menambahkan, bahwa sosialisasi pada masyarkat sebelumnya sudah dilaksanakan pada santri madrasah Diniyah At-Taqwa Desa Sukamaju pada tanggal 4 Agustus tahun 2023 lalu, dengan materi lomba mewarnai, senam berani jujur dan sosialisasi rilis KPK yaitu 9 nilai antikorupsi sebagai upaya pencegahan tindak korupsi sejak dini, Kesembilan nilai itu adalah : Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil, dan Kerja Keras. Dan menjadi selogan “JUMAT BERSEPEDA KK”.

Dalam kesempatan tersebut, Rd Syaiful Slamet S.Hut, Pembantu Khusus Inspektorat Kabupaten Ciamis memaparkan bahwa materi sosialisasi yang disampaikan di antaranya pengenalan Anti Korupsi,  progres program Monitoring Centre For Prevention (MCP) atau instrumen pemantauan pelaporan pemberantasan korupsi.

inovasi pencegahan anti korupsi melalui lagu berani jujur, senam berani jujur dan edukasi “JUMAT BERSEPEDA KK” merupakan Akronim dari Jujur, Mandiri, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil dan Kerja Keras, yang merupakan upaya KPK dalam mengkampanyekan nilai – nilai anti korupsi.

“Semoga para peserta bisa mencerna dan memahami materi yang disampaikan oleh semua narasumber, sehingga bisa diterapkan dan dilaksanakan dalam lingkup kerja mereka, supaya penanganan korupsi bisa ditangani sejak dini,” pungkasnya. (Heryadi)

Baca Juga :  Ketua PWRI Purwakarta Ramaldi Peduli Lakukan Investigasi Terkait Keracunan Masal Yang Terjadi di Desa Sukajadi