Bupati Sukabumi Terima Direksi Cah Angon Foundation, Bahas Program Desa Sejahtera Astra

01/09/2022 13:52

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menerima Audiensi Direksi Cah Angon Foundation perihal program Desa Sejahtera Astra (DSA). Audiensi dilakukan di Pendopo Palabuhanratu. Kamis (1/9/22).

Perwakilan Direksi Cah Angon John Tumiwa menyatakan bahwa pertemuan kali ini bertujuan untuk memperkenalkan program DSA yakni program pembangunan sektor pertanian khususnya tanaman organik di beberapa desa di seluruh Indonesia.

“DSA ini diprogramkan bagi 2000 desa di seluruh Indonesia, namun sejauh ini baru terdapat 1000 Desa yang akan mengikuti Program astra. Salahsatunya di Kab. Sukabumi, ” terangnya.

Program DSA merupakan program 3 tahun Kata John, namun per 1 tahun akan dilakukan evaluasi terkait perkembangan tanaman, dan pada prakteknya menggunakan pengembangan pertanian type mikro yang dikerjakan di lahan dengan luas 5 hektar kebawah.

“Terdapat satu Desa di Kab. Sukabumi yang akan dijadikan percontohan yakni, Desa Malereng, dimana di wilayah tersebut akan dilakukan penanaman jenis Vanili, Kacang tanah dan Umbi, ” ucapnya.

Masih dikatakan John, dari hasil panen pertanian tersebut kedepan akan ada perusahaan yang menampung dan disertifikasikan organik dengan standard Amerika, Eropa dan Jepang.

“Produk-produk tersebut kebanyakan diekspor ke luar negeri diantaranya Amerika, Eropa dan Jepang, ” singkatnya.

Sementara itu Bupati Sukabumi mengapresiasi terobosan program perkembangan pertanian yang diinisiasi oleh Direksi Cah Angon Foundation tersebut karena diyakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kab. Sukabumi.

“Jadi kalau astra hari ini meyakinkan bahwa Sumber Daya Alam yang kita miliki untuk dikembangkan potensi pertanian organiknya, maka ruang kerjasama dimungkinkan terbuka lebar, ” ungkapnya.

Dengan dijadikannya Desa Mareleng sebagai demplot pertanian organik Sambung Bupati, diharapkan mampu berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat desa di Kab. Sukabumi.

“Mudah-mudahan demplot Mareleng ini bisa mendongkrak pertumbuhan kesejahteraan masyarakat desa, ” harapnya. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x