Bupati Sukabumi ” HKN Momentum Untuk Bangkit Dan Sehat”

14/11/2022 06:11

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pimpinan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun tingkat Kab.Sukabumi, di Pantai Palangpang,desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Minggu (13/11/22). peringatan yang mengusung tema Ba9ngkit Indonesiaku Sehat Negeriku bermaksud untuk mengangkat bangkitnya semangat dan optimisme seluruh masyarakat Indonesia terlepas dari pandemi.

Diketahui, Peringatan Hari Kesehatan Nasional merujuk pada momen kesuksesan Indonesia dalam membasmi penyakit malaria pada tanggal 12 November 1964 kala itu.

Dalam sambutannya Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, yang menyebutkan
terdapat 6 pilar transformasi kesehatan dalam peringatan HKN ini, diantaranya transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Menkes RI menegaskan, insan kesehatan untuk terus mendorong terbangunnya
gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secata rutin serta mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Bupati Marwan menambahkan, keenam pilar transformasi kesehatan ini harus dijadikan acuan juga semangat baru dalam membangun pendidikan kesehatan di Kab. Sukabumi. Terutama dalam menghadapi persoalan yang terjadi ditengah situasi masyarakat.

“Dari mulai sanitasi dasar, penyebaran penyakit atau lingkungan harus menjadi konsekuensi untuk dipahami oleh tenaga kesehatan di Kab. Sukabumi,” terangnya.

Maka dari itu sambungnya, semua pihak
baik itu institusi kesehatan, pemerintah dan masyarakat untuk terus mendorong agar terciptanya tema HKN ke 58 tahun ini.

“Masyarakat Kab. Sukabumi di hari Kesehatan Nasional ini diharapkan bangkit dan sehat,”tegasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sukabumi dr. Rika Mutiara menjelaskan bahwa rangkaian peringatan HKN ke 58 tingkat kab. Sukabumi telah dilaksanakan sejak satu bulan yang lalu meliputi beberapa penyelenggaraan kegiatan diantaranya lomba bulutangkis tingkat PKM, futsal, HKN idol, video pencegahan stunting serta lainnya.

“Alhamdulillah kemarin kami melaksanakan bakti sosial sebanyak 370 paket di Desa Bojong Raharja dilanjutkan touring sehat,”
singkatnya.

Diakhir kegiatan dilaksanakan pembacaan deklarasi HKN serta penyerahan penghargaan kepada institusi media, perusahan dan masyarakat terkait program CTPS dan STBM award. (Sopandi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x