Bupati Barito Timur, Resmi Buka Expo Dan Bazaar Pemeran Ekonomi Kerakyatan UMKM 2022

10/08/2022 07:03

TAMIANG LAYANG, jurnalisbicara.com – Bupati Barito Timur Dr. Ampera AY Mebas, SE.,MM membuka Expo Bartim 2022 di Desa Magantis Kecamatan Dusun Timur, Rabu 20 Juli 2022. Kegiatan yang berlangsung hingga 9 Agustus 2022 tersebut berisi bazaar dan pameran ekonomi kerakyatan.

Dalam sambutannya saat pembukaan Bupati mengatakan, salah satu pilar APBD pro rakyat mewujudkan masyarakat yang sejahtera secara ekonomi dengan memberikan amanat bahwa fokus pembangunan yang mengarah kepada ekonomi kerakyatan

“Artinya kegiatan-kegiatan harus diarahkan pada bangkit dan majunya ekonomi dalam skala kecil dan menengah. Dalam kaitannya dengan itu sejak pandemi covid-19 untuk pertama kalinya Barito Timur akan mengadakan bazar dan pameran ekonomi kerakyatan selama 20 hari,” kata Bupati.

Menurutnya, kegiatan ini adalah penegasan bahwa Pemkab Barito Timur selalu berupaya maksimal untuk berpihak pada ekonomi kerakyatan, khususnya melindungi usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM.

“Mengingat pembangunan di Barito Tiimur selalu diarahkan pada program-program yang pro rakyat dengan semboyan Gumi Jari Janang Kalalawah, saya percaya bahwa daerah ini memiliki potensi ekonomi kerakyatan yang cukup besar,” ujarnya.

Potensi-potensi dimaksud, lanjut Ampera, secara riil bersentuhan langsung dengan aktivitas ekonomi kerakyatan UMKM yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Barito Timur.

“Namun demikian kita harus juga mengakui bahwa proses promosi produk barang dan jasa itu belum optimal meski upaya itu terus kita laksanakan. Perlu banyak even sebagai ruang aktualisasi bagi pelaku ekonomi,” imbuhnya.

Bupati menjelaskan, kegiatan promosi merupakan salah satu proses yang penting bagi rangkaian alur pemasaran barang dan jasa. Atas dasar itulah dia sangat berbangga, menyambut positif dan mendukung sepenuhnya diselenggarakannya kegiatan ini Expo Bartim 2022.

“Mengingatkan kegiatan ini merupakan wujud nyata adanya tekad yang kuat dari masyarakat Barito timur untuk mempromosikan produk-produk barang dan jasa termasuk potensi makanan minuman, kerajinan tangan dan lain sebagainya, kegiatan bazar dan pameran ekonomi kerakyatan ini dapat terus kita selenggarakan karena selain sebagai upaya promosi juga dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat Barito Timur dan sekitarnya,” tandasnya.

Selain pelaku UMKM, kegiatan tersebut juga diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di lingkup Pemkab Barito Timur, instansi vertikal, BUMD dan BUMN. (Tri/Jubir)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x