BKAD Kecamatan Palabuhanratu Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

03/12/2022 15:56

SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Palabuhanratu melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 di Puri Surya Rawakalong, di jalan Pelita, Palabuhanratu, Sabtu, (3/12/2022).

Menurut Ketua Panitia pelaksana ,kegiatan ini dapat dilaksanakan di tahun 2022 setelah stagnan pandemi 2019-2021.

Maksud dan Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatan kapasitas Kepala Desa dan perangkat desa se kecamatan Palabuhanratu.

Agus Suhendi,selaku Ketua Panitia pelaksana yang dibentuk oleh BPKAD menyampaikan “Peserta di ikuti oleh 6 Desa se Kecamatan Palabuhanratu diantaranya Desa Pasir Suren, Cikadu, Citarik, Cimanggu, Jayanti dan Citepus”.

Sebagaimana diketahui,yang tidak mengikuti kegiatan ada 3 Desa dan 1 Kelurahan. Dengan alasan bahwa Kelurahan tidak masuk dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas, sedangkan Desa Tonjong tidak menganggarkan Kegiatan Peningkatan Kapasitas, serta Desa Buniwangi dan Desa Cibodas bergabung dengan kegiatan yang dilaksankan oleh BKAD tingkat Kabupaten.

Hal ini disampaikan, Hj. Latipah Triana G Sekertaris Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini penting dilaksankan untuk meningkatkan administrasi Kepala Desa beserta para perangkatnya.

“Sebagai peningkatan kinerja para Kepala Desa se Kecamatan Palabuhanratu dan juga sebagai peningkatan pengetahuan para perangkat desa tentang administrasi Desa, kegiatan ini dilaksanakan,” paparnya.

Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi melalui,Hodan Firmansyah, sangat mengapresiasi terhadap panitia pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini. “Pelaksanaan bimtek yang dilaksanakan di siang ini, semoga dapat melekat sehingga dapat dilaksanakan di desanya masing-masing,” jelasnya.

Beliau juga memaparkan bahwa penguasaan tugas dan fungsi Kepala Desa, Perangkat Desa beserta par kadusnya menjadi tolak ukur kinerja, juga dapat meringankan mereka dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut.

Dengan mengikuti kegiatan seperti ini harapannya adalah semua unsur perangkat desa dapat menguasai peran, tugas dan fungsinya masing-masing.

“Harapan lebih jauhnya, setelah mengikuti kegiatan ini, target Pemerintah Kabupaten Sukabumi dapat meningkatkan skill pengisian Program Desa (Prodes) nya akan terwujud. Sehingga desa itu dari yang tadinya Desa Swadaya akan menjadi Desa Swakarya, dan yang Desa Swakarya menjadi Desa Swasembada,” imbuhnya. (Latif/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x