36 Anak di Kabupaten Sukabumi Positif HIV-Aids

13/12/2022 20:57

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com –  Sedikitnya ada 36 anak di Kabupaten Sukabumi yang positif HIV, mulai dari usia balita sampai tingkat SMP, hal tersebut diungkapkan Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi, Dadang Sucipta, dalam acara sosialisasi HIV-Aids, Selasa (13/12/2022).

Menurutnya, sebagian besar anak tersebut positif HIV-AIDS akibat terpapar dari orangtuanya.

Dikatakan, jumlah tersebut berdasarkan data KPA Kabupaten Sukabumi dari awal Januari 2022 sampai 13 Desember 2022.

“Dari 42 anak yang terpapar HIV-Aids ini, 6 orang diantaranya sudah meninggal dunia. Terakhir anak dari Kecamatan Bojonggenteng. Jadi total semuanya tinggal 36 anak lagi yang sedang kita tangani,” ujar Dadang.

Lebih lanjut dikatakan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, maka jumlah balita dan anak yang ODHA (Orang Dengan HIV-Aids) ini mengalami peningkatan.

“Pada 2021 lalu hanya tercatat sebanyak 34 anak. Dari puluhan anak ini sebagian besar penyintas HIV-AIDS tersebut tinggal dengan saudara atau neneknya, karena orangtuanya meninggal dunia.

“Seperti yang terjadi di Kecamatan Bojonggenteng, karena orangtuanya sudah meninggal dunia, maka anak ini diurus oleh orang lain, sehingga anak tidak terawasi setiap hari, makanya, ia juga kemudian meninggal dunia,” nelasnya.

ODHA, ujarnya harus terus mengkonsumsi obat ARV secara teratur dan rutin, untuk itu ODHA harus ada pendamping Pengawas Minum Obat (PMO).

“Peran pendamping sangatlah diperlukan agar tidak berhenti mengkonsumsi obatnya, yang terpenting selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” pungkasnya. (Ida)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x