Pemkab Ogan Ilir Ajak Forkopimda dan Insan Pers Bersinergi Menyongsong Pemilu Serentak 2024

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Berbagai upaya dalam menjaga kondusivitas jelang Pemilu 2024 dilakukan oleh unsur Forkopimda termasuk di dalamnya Polres Ogan Ilir.

Diinisiasi Kapolres Ogan Ilir AKBP H. Andi Baso Rahman, digelar sebuah forum bertajuk “Sinergitas Menyongsong Pemilu Serentak 2024.”

Acara yang digelar di Gedung Pendopoan Tanjung Senai itu dihadiri Bupati Panca Wijaya Akbar, Pabung Kodim 0402/OKI-OI Mayor Inf Jauhari.

Hadir juga Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung Tira Tirtona, Kasi Intelijen Kejari Ogan Ilir Gita Santika Ramadhani.

Dari awak media, hadir para pengurus dan anggota organisasi pers di Ogan Ilir yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO I) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Kapolres Ogan Ilir AKBP H. Andi Baso Rahman menegaskan bahwa Polri menjaga netralitas pada Pemilu 2024.

“Sudah jelas instruksi pimpinan dari Bapak Kapolri melalui Bapak Kapolda Sumatera Selatan bahwa Polri harus menjaga netralitas pada Pemilu. Polres Ogan Ilir siap untuk itu,” kata Andi di hadapan puluhan awak media, Rabu (22/11/2023).

Bentuk netralitas tersebut yakni dengan tidak memihak dan memberikan arahan untuk memilih peserta, calon maupun partai tertentu pada Pemilu tahun mendatang.

Menurut Andi, perihal netralitas Polri ini kembali ditegaskan oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Albertus Racmad Wibowo saat kunker ke Polres Ogan Ilir di hari yang sama.

“Dengan netralitas Polri, kemudian pelaksanaan pengamanan Pemilu yang baik, maka diharapkan dapat mencegah kecurangan pada Pemilu yang muaranya meminimalisir konflik di masyarakat,” terang Andi.

Dilanjutkannya, sinergi dengan media sangat diperlukan dalam menyongsong Pemilu 2024.

Dengan informasi yang faktual, akurat dan berimbang dalam tahapan Pemilu, diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat.

Baca Juga :  VIDEO: Catat! Ini Jadwal Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

“Media merupakan mitra strategis Polri termasuk dalam menyongsong Pemilu. Sinergitas ini harus terus dipelihara,” ucap Andi.

Pada kesempatan ini, Bupati Panca Wijaya Akbar menegaskan bahwa jajaran Pemkab Ogan Ilir menjaga netralitas pada Pemilu 2024.

Panca mengaku sudah mewanti-wanti jajarannya untuk tidak memihak calon atau peserta Pemilu.

“Pemkab Ogan Ilir siap menjaga netralitas pada Pemilu. Kalaupun ada personal, oknum yang ternyata tidak netral, itu bukan satu komando Pemkab secara keseluruhan,” jelas Panca.

Sementara Pabung Kodim 0402/OKI-OI Mayor Inf Jauhari mengajak awak media turut membantu menyukseskan Pemilu lewat berita akurat dan berimbang.

Segala kebutuhan informasi terkait Pemilu hendaknya dapat diminta konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak berwenang.

“Peran serta media ini dapat membantu pemerintah, institusi TNI-Polri dalam memerangi berita hoaks agar Pemilu aman dan kondusif,” kata Jauhari.