DPRD OI Dukung Program Bupati Melaui Baznas Bedah Rumah Kaum Mustahik

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – DPRD Kabupaten Ogan Ilir Sangat mengapresiasi dan mendukung Program yang digelontorkan Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi Melaui Baznas Ogan Ilir Bedah Rumah Warga bagi kaum Mustahik.

Dalam hal ini Bupati Panca Wijaya Akbar Secara simbolis menyerahkan 104 unit rumah layak huni dalam kurun waktu tahun 2022 kepada kaum mustahik, Selasa (21/3/2023) di Aula Caram Seguguk Pemkab Lama. Program bedah rumah tersebut dilaksanakan melalui Baznas Ogan Ilir

Menurut Anggota DPRD Ogan Ilir Muhamad Iqbal ia sangat mendukung program Bupati Panca Mawardi yang sangat spektakuler dan membantu kaum mustahik. “Alhamdullah kami dari DPRD OI khususnya komisi 4 sangat mendukung program Pak Bupati Panca guna mensejahterakan masyarakatnya” ujarnya.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi menyampaikan,sebanyak 104 unit rumah layak huni yang diserahkan kepada penerima dari Baznas Ogan Ilir dalam kurun waktu tahun 2022.

“Penyerahan rumah layak huni tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan baik,”katanya

Ia menambahkan, untuk anggaran bedah rumah tersebut dari anggaran zakat para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disalurkan melalui Baznas OI sebesar Rp 2,5 Milyar.

“Kami sebagai pemerintah mengajak baznas untuk memastikan bedah rumah tersebut berlangsung secara cepat. Bedah rumah tidak dipungut biaya sepeserpun, bagi yang memungut bisa dilaporkan,”jelasnya

Disebutkan Bupati Panca Mawardi, karena petugas Baznas hanya 10 orang yang harus menangani 16 Kecamatan dan 241 desa dan kelurahan tentunya membutuhkan waktu untuk verifikasi karena syarat-syaratnya sangatlah banyak, salah satunya lahan tanah harus milik sendiri dan memang rumahnya layak untuk dibedah.

“Selain itu juga banyak proposal yang masuk juga namun masih layak untuk dihuni itu yang akan menghambat dan menjadi waktu rumah itu layak atau tidak,”kata suami Mikhailia Tikha Alamsjah Panca

Baca Juga :  Tindak Lanjut Evaluasi AKIP dari KemenPAN-RB, Bupati Ogan Ilir Berikan Arahan ke Seluruh OPD

Bupati Panca juga memberikan ultimatum kepada oknum-oknum dengan sengaja memungut biaya tidak akan mendapatkan bedah rumah lagi.

“Kalau ada oknum dengan sengaja memungut biaya saya pastikan tidak akan dapat lagi bedah rumah didesa tersebut dan juga saya menarget untuk Baznas Ogan Ilir ditahun depan harus 150 unit rumah,”jelasnya.

Sementara Ketua Baznas OI H Sidharta mengatakan alhamdulillah program spektakuler ini untuk membantu kaum mustahik atas perintah Pak Bupati Panca Mawardi yang ingin mensejahterakan masyarakatnya. “Proposal diajukan ke Bupati Panca Mawardi selanjutnya baru akan diproses ke Baznas. Tentunya tahun depan target dari Pak Bupati Panca bedah rumah 150 unit rumah Insya Allah bisa dilaksanakan,”jelasnya. (Red**).