Tumplek , Ribuan Warga Hadiri Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi 2023

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Ribuan Masyarakat Kabupaten Sukabumi tumpah ruah meriahkan Festival durian lokal unggulan Sukabumi tahun 2023, di lapangan Cangehgar Palabuhanratu. Sabtu (7/1/23).

Pantauan di lapangan, ribuan masyarakat dari berbagai kalangan ini mulai berbondong-bondong sejak Pukul 07:30 WIB di meja registrasi untuk pengambilan kupon, lantaran bagi siapapun yang datang bisa menyantap buah durian secara gratis.

Sebelum acara dibuka oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, tempat ini dimeriahkan dengan berbagai tari-tarian lokal, sehingga kemeriahan festival semakin terasa.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Astuti dalam laporannya menjelaskan, festival durian yang digelorakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pemulihan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sukabumi pada sektor Pertanian jenis buah-buahan satu diantaranya biah durian.

“Durian adalah satu buah unggulan exotic yang produksinya sangat berlimpah di Kabupaten Sukabumi selatan khususnya, Palabuhanratu, Cikakak dan Simpenan,” katanya.

Menurut Sri, penikmat buah durian ini sangat banyak dari berbagai kalangan, sehingga festival ini menjadi moment yang dinantikan oleh para penggemarnya.

“Festival durian ini mengusung gerakan dorong produksi eksport dan ramah lingkungan (Gedor). Barangkali yang hadir disini semua penggemar Fanatik buah durian,” ungkapnya.

Selain itu, festival ini bermakna untuk menemukan varietas durian unggulan lokal yang nantinya diusulkan menjadi varietas unggulan nasional yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Sehingga dapat menyejahterakan petani durian di Kabupaten Sukabumi.

“Rangkaian kegiatan selain makan durian bersama juga ada kontes durian yang nantinya akan dijadikan produk unggulan untuk ikonnya Kab. Sukabumi,” jelasnya.

Kadis pertanian berharap, festival ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan masuk pada kalender event Kabupaten Sukabumi, agar kedepan bisa menjadi ikon daerah sehingga mendatangkan wisatawan yang lebih banyak.

Baca Juga :  Sambut HUT RI Ke - 77 & Hari Jadi Purwakarta Ke - 54, Karang Taruna Sinar Muda Gelar Pertandingan Sepak Bola

Sementara itu Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan dengan festival ini Pemkab terus beriktiar meningkatkan potensi yang dimiliki dengan komoditi durian unggulan ini ke kancak nasional maupun internasional.

Durian lokal unggulan sukabumi ini memiliki kualitas rasa dan tekstur yang cukup baik dan tidak kalah oleh durian-durian lain. Oleh karena itu Wabup Iyos mengajak untuk terus memasarkan dan memodifikasi agar kualitas durian tersebut semakin baik.

“Kami bangga terhadap petani durian di Kabupaten Sukabumi yang selama ini terus bersemangat dan konsisten untuk mengembangkan komoditi durian sehingga bisa menjadi ikonnya Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Wabup menyebut, holtikultura merupakan unggulan program pembangunan, oleh karena itu produktivitas masyarakat yang berdaya saing melalui agrobisnis dan pariwisata yang berkelanjutan harus terus ditingkatkan melalui event-event tersebut.

“Ketika kita mengembangkan komoditas durian di Kab. Sukabumi bisa berdampak untuk menarik perhatian para pengunjung yang datang ke Sukabumi,” bebernya.

Mudah mudahan ini terus berkembang dan bermanfaat bahkan menjadi ciri khas kabupaten Sukabumi.

Wakil Bupati Sukabumi melepas balon sebagai tanda dibukanya festival durian lokal unggulan Sukabumi tahun 2023 kemudian acara dilanjutkan sesi penilaian kontes durian. (Sopandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *