Pemkab.Bandung Barat Hentikan Sementara Aktivitas TPA Sarimukti

KAB.BANDUNG NARAT, jurnalisbicara.com – Setelah mngeluarkan SK Tanggap Darurat Bencana terhadap kejadian kebakaran TPA Sarimukti, Kec. Cipatat, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat segera melakukan mitigasi awal dengan menghentikan segala aktifitas dan merelokasi warga yang ada disekitar lokasi, terutama para pe.ulung yang tinggal fan menggantungkan kehidupannya dari keberadaan TPA tersebut.

“Kami juga telah mendirikan posko kesehatan, BPBD, Damkar dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan perut para petugas yang sedang bertugas di TPA Sarimukti,” kata Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan setelah menghadiri Rapat Koordinasi dalam rangka Penanggulangan Bencana Kebakaran TPK Sarimukti, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat di Mapolres Cimahi, Kamis (24/8).

Ia berharap Pemerintah Provinsi dan Pusat segera turun tangan membantu menanggulangi kebakaran ini. Pasalnya, hingga saat ini petugas pemadam kebakaran baik dari Kabupaten Bandung Barat maupun kabupaten tetangga masih belum berhasil memadamkan api yang semakin meluas akibat faktor cuaca yang ekstrim.

Mengingat kondisi tersebut, Hengki juga khawatir kebakaran ini dapat menyebabkan TPA Sarimukti meledak seperti yg menimpa TPA Leuwigajah belasan tahun lalu.

“Sehingga perlu juga kajian dari tim akademisi agar dapat diperoleh solusi terbaik, karena sepertinya membutuhkan cairan kimia khusus untuk menyelesaikan persoalan kebakaran ini,” ungkapnya.

Namun, penanganan prioritas Pemerintah Daerah hingga saat ini adalah penanganan kesehatan masyarakat sekitar, mengingat asap yang dihasilkan dari kebakaran tersebut sangat membahayakan kesehatan.

Bupati Hengki juga berharap ada bantuan dari pihak-pihak lain agar dapat segera memadamkan kebakaran ini, seperti Depo Pertamina yang memiliki alat pemadam api khusus.

“Kami berharap Depo Pertamina Padalarang dan pihak-pihak lainnya dapat turut membantu Pemerintah Daerah agar dapat segera memadamkan kebakaran ini. Kami akan segera mengirimkan surat permohonan bantuannya,” terangnya.

Baca Juga :  Pembangunan RTH Gado Bangkong Palabuhanratu Di Pastikan Mulai Pebruari 2023

Pemda juga akan menambah armada ambulan yang akan standby disekitar lokasi, sehingga akan dapat segera memobilisasi masyarakat ke rumah sakit terdekat jika berdampak lebih pada kesehatan masyarakat. (Deni HM)