Pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Ramania

04/11/2021 18:52

TAMIANG LAYANG, jurnalisbicara.com – Pemerintah Desa Ramania di Kabupaten Barito Timur berupaya meningkatkan kemudahan mobilitas warganya ke lahan pertanian dengan membangun jalan usaha tani atau JUT.

Kades Rahmani, Armansyah menjelaskan, pembangunan JUT akan memperlancar mobilitas petani, alat dan mesin pertanian serta mempermudah pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian.

“JUT juga mempermudah mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan maupun ke pasar,” jelas Armansyah, Kamis, 4 November 2021.

Untuk tujuan itu, lanjut dia, Pemdes Ramania memanfaatkan Dana Desa atau DD tahap 2 membangun JUT rabat beton menuju persawahan sepanjang 290 meter dan lebar 2 meter di RT 02. Jalan tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp 150 juta.

“Selain itu, kami JUT siring timbun menuju kebun dan sawah warga sepanjang 165 meter dan lebar 2,5 meter. Alokasi anggaran untuk JUT ini kurang lebih sebesar Rp 127 juta,” terang Armansyah.

Dia menjelaskan, pembangunan JUT tersebut berdasarkan hasil rapat atau kesepakatan, bersama BPD, RT, tokoh masyarakat dan warga desa.

“Pada penggunaan DD tahap 3 yang akan segera dicarikan tidak ada lagi pembangunan fisik seperti JUT. DD tahap 3 akan kami manfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat seperti mengadakan pelatihan,” jelas Armansyah. (Tri / Jubir)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x